Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kondisi Ekonomi Sangat Memprihatinkan Karena Tak Ada Pemasukan, Pak Ogah: 'Buat Makan Nanti Ada?'

Rabu, 08 Desember 2021 19:57 WIB
Kondisi Ekonomi Sangat Memprihatinkan Karena Tak Ada Pemasukan, Pak Ogah: 'Buat Makan Nanti Ada?'
Kapanlagi/Irfan Kafril

Kapanlagi.com - Abdul Hamid atau lebih dikenal dengan nama Pak Ogah diketahui mengalami penyakit penyumbatan pada otak. Karena hal tersebut, lelaki berusia 74 tahun itu serba terbatas dalam kegiatannya sehari-hari sehingga ia hanya bisa terbaring di tempat tidur. Yuyun Widayanti, istri Pak Ogah juga menyebut bahwa semakin hari kondisi suaminya itu semakin mengkhawatirkan.

Sering ngamuk dan nangis, Yuyun mengatakan bahwa Pak Ogah sifatnya barubah, kembali seperti anak kecil. Seperti sudah kehilangan semangat hidup, Pak Ogah pun juga selalu menolak apabila akan dibawa ke pengobatan alternatif atau ke dokter. Tak hanya itu, karena kondisi ekonomi keluarganya yang miris, Pak Ogah pun juga depresi dibuatnya.

1. Tak Miliki Pemasukan

Gambar

Menurut Yuyun Widayanti, hal itu dikarenakan Pak Ogah yang kini sudah tidak memiliki pemasukan tetap seperti dahulu. Tak dipungkiri, Yuyun pun mengaku juga dibuat bingung dengan kondisi ekonomi keluarganya yang seperti ini.

“Setiap hari ibu bingung, bukan untuk kebutuhan keluarga tapi untuk kebutuhan Pak Ogah saja ibu sudah bingung,” ungkap Yuyun saat ditemui di kediamannya kawasan Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, (7/12) Selasa sore.

2. Hidup Tak Tenang

Bahkan, Yuyun mengaku sering melihat Pak Ogah sangat ketakutan karena tak bisa memenuhi kebutuhan dirinya dan keluarga. Sesuai penuturan Yuyun, hal tersebut beberapa kali sering Pak Ogah sampaikannya secara langsung. “Terus dia tuh kadang hidupnya kayak gak tenang, kayak takut, 'makan buat nanti ada?'," ujarnya.

Selain itu, menurut Yuyun Pak Ogah selalu ketakutan. Seperti takut kompor yang terbakar dan takut akan kelaparan karena tak memiliki uang. "Kayak ke kompor pun nanti kebakaran, jadi hidupnya tuh kayak ditakut-takutin, takut lapar, takut nggak ada uang," tukasnya.

3. Penyumbatan Otak

Sebelumnya Abdul Hamid atau lebih dikenal dengan Pak Ogah memang telah dikabarkan sakit karena alami penyumbatan otak. Hingga kini, rupanya kondisinya kian memprihatinkan, bahkan daya ingatnya pun semakin memburuk.

Saat ditemui di kediamannya kawasan Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, (7/12) Selasa sore, Yuyun Widayanti, istri Pak Ogah mengungkap suaminya itu sering mengamuk. Hal itu dikarenakan Pak Ogah marah-marah kalau tak ada makanan favoritnya di rumah.

4. Marah-marah

Gambar

"Empat bulan ini makannya tertentu. Kalau buat makan, ayam. Kalau malam roti dan wafer. Kalau nggak ada itu, dua hari marah-marah aja," ungkap Yuyun.

"Susah ya nggak ada uang lagi, susah banget sih hidup, masa nggak ada apa-apa," lanjutnya.

5. Sering Linglung

Selain itu, menurut Yuyun secara fisik kondisi Pak Ogah terlihat baik-baik saja, namun sikapnya kembali seperti anak kecil lagi. Bahkan Pak Ogah juga sering keluar rumah tanpa alasan jelas, biasanya ia ditemukan oleh tetangga lalu diantar pulang.

"Kadang-kadang dia gelisah, dia keluar entah ke mana. Nggak lama, ada yang nemuin udah sampe depan. 'Bu maaf bu ini bapak tadi kayak kebingungan di depan'," pungkasnya.

 

Topik Terkait