Kondisi Terbaru Putra Dede Sunandar yang Idap Penyakit Langka Williams Syndrome

Tyssa Madelina | Kamis, 15 Agustus 2019 20:30 WIB
Kondisi Terbaru Putra Dede Sunandar yang Idap Penyakit Langka Williams Syndrome

Kapanlagi.com - Pelawak Dede Sunandar atau yang biasa dikenal dengan sapaan Dede Cungkring tengah menghadapi cobaan besar di hidupnya. Anak keduanya, Ladzan Syafiq Sunandar, divonis mengidap penyakit langka yang dinamakan Williams Syndrome.

Seperti diketahui, Williams Syndrome atau Sindrom Williams merupakan penyakit genetik yang memengaruhi bagian tubuh. Efeknya biasanya terlihat di wajah yakni bagian dahi terlihat lebar, hidung pendek serta pipi penuh. Tak hanya itu, sindrom ini juga menjangkit gigi dan jantung penderitanya.

Menurut Dede Sunandar, putranya didiagnosa penyakit tersebut saat menginjak umur 3 bulan. Saat itu ia dan istri sama-sama tidak tahu apa Williams Syndrome dan gejalanya.

"Kalau gejala enggak tahu juga. Pas kita periksa 1 bulan 2 bulan enggak ada apa-apa. Pas 3 bulannya tiba-tiba ada yang bocor jantungnya. Ternyata jantung ke paru-paru ada penyempitan, jadi harus operasi, harus diambil tindakan secepatnya," ujar Dede Sunandar di gedung Trans TV, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).

1 dari 2 halaman

1. Perkembangan Tubuh Menjadi Lambat

Tak berhenti sampai di situ, Dede Sunandar dan istri juga harus ekstra bersabar lantaran perkembangan motorik anaknya menjadi lebih lambat. Di usianya sekarang, Ladzan masih belum bisa berbicara sepatah kata pun.

"Perkembangan tumbuhnya agak lambat. Cuma kelebihannya dia bisa bermain alat musik lebih bagus, bisa beradaptasi dengan orang lebih gampang, bisa gampang bersosialisasi dengan orang," jelasnya.

2 dari 2 halaman

2. Gigi Terkikis Gara-Gara Williams Syndrome

Gigi Terkikis Gara-Gara Williams Syndrome Credit: Instagram/dede_sunandar
Lebih lanjut, Dede Sunandar juga mengungkapkan kalau Williams Syndrome juga mengikis gigi anaknya yang mulai tumbuh. Alhasil hingga kini ia harus makan nasi dengan tekstur super lembut.

"Giginya udah numbuh, cuma terkikis lagi. Emang gejala Williams Syndrome begitu setahu Dede sama istri dikasih tau dokter, perkembangan tubuhnya lama. Alhamdulillah sekarang udah bisa berdiri tapi masih dipegangin, kita tatih kaya biasanya," pungkasnya.

(kpl/far/tmd)


Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi

↑