Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kooperatif, Arief Muhammad Siap Kembalikan Uang Hasil Jual Porsche ke Doni Salmanan

Jum'at, 18 Maret 2022 09:45 WIB
Kooperatif, Arief Muhammad Siap Kembalikan Uang Hasil Jual Porsche ke Doni Salmanan
Arief Muhammad terseret kasus Doni Salmanan © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Youtuber Arief Muhammad mengaku akan bertindak kooperatif guna membantu penyidik dalam mengusut tuntas kasus penipuan aplikasi Quotex dengan tersangka Doni Salmanan. Bahkan, Arief menyatakan siap jika penyidik memintanya mengembalikan uang hasil penjualan mobil Porsche yang dijualnya kepada Doni Salmanan.

"Belum ada pembahasan ke arah sana (pengembalian uang). Tapi sebagai warga negara yang baik saya kooperatif sekali apa pun yang dibutuhkan oleh penyidik. Kami yakin penyidik profesional dan adil lah," kata Arief Muhammad di Gedung Bareskrim Polri, Kamis (17/3).

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Jual Mobil Porsche

Gambar

Arief Muhammad ikut terseret kasus yang menjerat Doni Salmanan karena pernah menjual mobil Porsche kepada Doni Salmanan seharga Rp 4 miliar.

Sebagai saksi, ia pun ikut diperiksa polisi. "Tadi pemeriksaannya, sesuai seperti yang sudah diprediksi. Hanya membicarakan mengenai jual beli mobil," kata Arief.

2. Siap Jalani Pemeriksaan

Gambar

Masih kata Arief, dirinya menyatakan siap kembali menjalani pemeriksaan seandainya penyidik masih membutuhkan keterangan darinya.

"Tadi nggak diomongin bakal ada pemanggilan kembali. Tapi kapan pun dibutuhkan aku pasti siap bantu penyidikan ini," tuturnya.

3. Tersangka Kasus Penipuan

Gambar

Seperti diketahui Doni Salmanan telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan aplikasi Quotex pada Selasa (8/3/2022).

Atas perbuatannya, Doni dijerat dengan Pasal berlapis dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara, di antaranya Pasal 45 ayat 1 juncto 28 ayat 1 UU Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 378 KUHP, Pasal 3 ayat 3 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

4. Selidiki Penerima Aliran Dana

Gambar

Saat ini polisi, sedang gencar menyelidiki orang-orang yang pernah menerima aliran dana dari Doni Salmanan. Termasuk Atta Halilintar yang memenuhi janjinya untuk mengembalikan tas mewah pemberian Doni Salmanan ke penyidik Dittipidsiber Bareskrim Polri.

Atta mengembalikan tas tersebut saat dirinya menjalani pemeriksaan pada Kamis (17/3/2022). "Sudah aku kembalikan tasnya, " kata Atta Halilintar usai menjalani pemeriksaan.

5. Inisiatif Kembalikan Hadiah

Gambar

Diketahui Atta Halilintar menerima hadiah dari Doni Salmanan saat dirinya berulang tahun ke-27 pada November tahun lalu. Saat itu Doni Salmanan yang dijuluki sebagai crazy rich Bandung memberikan hadiah kepada Atta berupa tas bermerk Dior.

Setelah Doni Salmanan ditetapkan sebagai tersangka dan polisi meminta kepada siapa saja yang pernah mendapat hadiah berupa barang ataupun uang untuk melapor, Atta kemudian membuat pernyataan di akun Instagramnya.

"Saya pernah dapat kado ulang tahun dari mas Doni Salmanan tas ini. Segera saya kembalikan ke pihak berwajib," tulis Atta di akun Instagramnya, Rabu (16/3).