KPI Anggap D'Academy Stop Tayang Dua Hari Cukup Ringan

Guntur Merdekawan | 22 Februari 2017, 02:45 WIB
KPI Anggap D'Academy Stop Tayang Dua Hari Cukup Ringan

Kapanlagi.com - Perseteruan antara Dewi Perssik dan Nassar di ajang D'Academy beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Seperti diketahui, keduanya terlibat adu mulut yang membuat DePe sampai mengeluarkan kata-kata kasar. Padahal seperti diketahui, acara itu ditayangkan secara live.

Walhasil, Komisi Penyiaran Indonesia memberikan sebuah sanksi pada pihak Indosiar, yakni pemberhentian tayang selama 2 hari. Hal itu dianggap terlalu berat oleh pihak Indosiar, namun sebaliknya bagi pihak KPI terlalu ringan.

"Iya (ringan). Sanksi pemberhentian itu hanya dua hari, sementara ada (program TV lain) yang sanksinya seminggu, terus ada juga yang sampai 35 hari pemberhentian sementara karena bertepatan bulan puasa waktu itu," ujar Mayong Suryo Laksono selaku Komisioner KPI Bidang Pengawasan Isi Siaran, saat dihubungi awak media, Selasa (21/2).

Gara-Gara DePe, D'Academy akan diberhentikan tayang sementara © KapanLagi.®/Bayu HerdiantoGara-Gara DePe, D'Academy akan diberhentikan tayang sementara © KapanLagi.®/Bayu Herdianto

Hal itu mungkin terdengar seakan-akan KPI meng-anak emaskan Indosiar. Namun rupanya ada pertimbangan tersendiri kenapa KPI 'cuma' memberikan sanksi 2 hari stop tayang untuk program D'Academy.

"(Hukuman ringan) Karena pihak Indosiar sudah melakukan upaya-upaya untuk menghindari kejadian itu terjadi. Kami menghargai usaha tersebut yang sudah dilakukan," sambungnya.

"Misalnya Ramzi yang sempat mencoba mengalihkan pembicaraan untuk menurunkan tensi. Terus mungkin karena tim produksi belum berhasil, jadi ada upaya menampilkan iklan. Cuma mungkin karena tim dalam keadaan bingung atau apa, jadi tidak sempat diperhatikan ada kebocoran sound. Lalu pihak Indosiar juga sudah menjelaskan di media, saya lihat di infotainment. Pihak Indosiar juga telah memberi penjelasan terkait upaya mereka menghindari itu saat diberi kesempatan klarifikasi. Ada juga rekaman Depe dan Nassar meminta maaf ya," papar Suryo.

Keputusan tersebut belum final karena pihak KPI masih menunggu respon dari Indosiar mengenai hal ini. Bisa saja hukuman jadi lebih ringan, namun tak menutup kemungkinan nantinya bakal lebih berat.

"Kami menunggu hak jawab dari Indosiar, sampai tiga hari ini apakah keberatan atau mau melaksanakan," pungkasnya.

(kpl/abs/gtr)

Reporter:   Adi Abbas Nugroho