Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kronologi Kriss Hatta Dapat Kecaman Setelah Akui Pacarnya Berusia 14 Tahun, Disebut Pedofilia Hingga Child Grooming

Jum'at, 30 September 2022 09:10 WIB
Kronologi Kriss Hatta Dapat Kecaman Setelah Akui Pacarnya Berusia 14 Tahun, Disebut Pedofilia Hingga Child Grooming
Kriss Hatta (credit: Kapanlagi.com/Budy Santoso)

Kapanlagi.com - Beberapa waktu belakangan ini nama pesinetron Kriss Hatta jadi sorotan setelah mengaku tengah menjalin cinta dengan aktris berusia 14 tahun. Tentu saja gara-gara ini dia dituduh warganet sebagai pedofil hingga melakukan child grooming terhadap sang kekasih yang berusia 20 tahun lebih muda darinya.

Kriss juga merahasiakan siapa aktris yang dikencaninya atas permintaan mama sang pacar dan tak mau kandas seperti yang sudah-sudah. Ia mengaku juga tak menyangka ada remaja yang bisa suka dengan duda seperti dirinya. Kriss pun merasa sang pacar butuh sosok dewasa yang bisa ngemong.

"Udah setengah tahun pacaran, kenalnya di satu judul sinetron. Dia artis sinetron pendatang baru, untuk nama jangan-jangan, nggak boleh tahu. Takutnya putus. Yang udah-udah gitu, ke-publish lalu putus," kata Kriss ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (24/9/2022).

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Seperti Pacaran dengan Orang Dewasa

Meski pujaan hatinya yang identitasnya dirahasiakan masih berusia 14 tahun, namun Kriss merasa nyaman. Karena sang kekasih justru lebih dewasa secara sikap.

"Sama dia walau usianya masih kecil, tapi kayak pacaran sama orang dewasa. Dia nggak pernah nyariin aku, nggak pernah kring-kring lebay. Aku seneng pacar kayak gitu. Bikin aku yang justru ngerasa lupa belum telepon dia. Kurangnya tuh misal aku lagi ngomong politik atau berita yang lagi santer saat ini, kalau mau diskusi dia kurang nge-blend. Karena dunianya masih remaja ya, yang masih mikirin fashion, makanan, dia nggak mau berat-berat," kata Kriss yang juga bilang ingin menikahi pacarnya setelah lulus SMA.

2. Dikecam Netizen Setelah Beritanya Viral

Gambar

Pernyataan Kriss ini pun langsung viral di media sosial terutama Twitter. Di beberapa akun menfess banyak yang menyebutnya sebagai pedofilia, pansos, child grooming dan sebagainya. Warganet tidak mempermasalahkan perbedaan usia mereka yang terpaut 20 tahun. Tapi banyak yang resah karena usia si cewek yang masih 14 tahun dan termasuk di bawah umur.

Buat yang belum tahu, child grooming adalah suatu tindakan yang disengaja oleh seseorang untuk membangun suatu hubungan saling percaya dan ikatan emosional dengan anak-anak atau remaja agar mereka dapat memanipulasi atau mengeksploitasi si anak tersebut, seperti dilansir dari surara.com. Sedangkan pedofilia menurut Pshycology Today, adalah ketertarikan seksual yang berkelanjutan pada anak-anak pra-pubertas. Pedofilia didefinisikan sebagai fantasi, dorongan seksual, atau perilaku seksual yang berulang dan intens yang melibatkan aktivitas seksual dengan anak-anak praremaja atau anak-anak.

Warganet juga heran saat Kriss menyatakan ibu pacarnya merestui hubungan mereka. Segala bentuk hujatan pun diberikan kepada Kriss setelah membeberkan kisah cintanya yang bikin banyak orang syok itu.

3. Komentar KPAI

Menanggapi pengakuan Kriss Hatta, ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto menjelaskan, usia anak yang masih 14 tahun seharusnya melakukan kegiatan-kegiatan positif agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

"Usia anak adalah usia tumbuh kembang. Maka, di usia tersebut anak perlu stimulasi karakter positif dan dihindarkan dari segala bentuk perilaku negatif," kata Susanto saat dihubungi Kapanlagi.com melalui pesan WhatsApp, Selasa (27/9/2022).

4. Kriss Samakan Diri dengan Leonardo DiCaprio

Gambar

Setelah ramai diberitakan dan dikecam di media sosial, Kriss semakin membuat warganet panas ketika membuat unggahan di Insta Story. Dia me-repost berita Hollywood menyamakan dirinya dengan aktor Leonardo DiCaprio, yang dikabarkan sedang pacaran dengan supermodel Gigi Hadid. Leonardo DiCaprio dan Gigi memang beda usia 20 tahun, sama dengan Kriss dan pacarnya.

"Tua cuma angka. Aura lelaki mateng yang muda mah lewaaaaaattt. Sefrekuensi gw sama Om Leo," tulis Kriss di Insta Story mengomentari berita Leonardo dan Gigi Hadid.

5. KPAI Kecam Kriss yang Berencana Nikahi Sang Kekasih

Pihak KPAI juga mengecam pernyataan Kriss Hatta terkait keinginan menikahi sang pacar setelah lulus SMA. Hal ini bertentangan dengan pemerintah pusat dan daerah yang sedang giat menurunkan angka perkawinan anak.

"Kriss Hatta juga menyatakan kalau akan menikah segera dengan sang pacar setelah lulus SMA, hal ini juga berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak. Padahal pemerintah pusat dan daerah sedang giat-giatnya berjuang menurunkan angka perkawinan anak. Publik figur harusnya mendukung program pemerintah yang berdampak baik bagi bangsa ini. Perkawinan anak berpotensi kuat membuat anak kehilangan hak-haknya untuk tumbuh kembang secara optimal," kata Retno Listyarti selaku Komisioner KPAI dikutip dari rilis yang diterima KapanLagi.com, Rabu (28/9/2022).

6. KPAI Jelaskan Beda Kasus Kriss Hatta dengan Leonardo DiCaprio

KPAI juga menanggapi postingan Kriss Hatta di Instagram Story-nya. Di sana ia menyamakan hubungan asmaranya dengan kisah cinta Leonardo DiCaprio dengan Gigi Hadid.

Menurut KPAI, hubungan Kriss tak bisa disamakan dengan Leonardo meski sama-sama terpaut 20 tahun. Pasalnya usia Gigi sudah bukan lagi anak-anak, seperti pacar Kriss saat ini.

"Kriss Hatta di media sosialnya secara tersirat merasa mirip seperti Leonardo DiCaprio karena sama-sama memacari wanita yang lebih muda 20 tahun darinya. Betul bahwa itu contoh beda usia 20 tahun, namun Gigi Hadid sudah dewasa bukan anak di bawah umur," jelas Retno.

Bagaimana komentar KLovers soal pengakuan Kriss Hatta ini?