Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kronologi Maell Lee Dituding Hina Greysia Polii Hingga Hapus Foto dan Beri Klarifikasi

Rabu, 04 Agustus 2021 16:55 WIB
Kronologi Maell Lee Dituding Hina Greysia Polii Hingga Hapus Foto dan Beri Klarifikasi
Kontroversi Maell Lee - instagram.com/maell_lee/greyspolii

Kapanlagi.com - Youtuber dan komedian Maell Lee membuat geram netizen dan pecinta bulutangkis Indonesia. Bagaimana tidak, pria yang dibesarkan di Medan, Sumatera Utara ini mengganti foto atlet ganda putri yang baru saja meraih medali emas Olimpiade Tokyo, Greysia Polii dengan wajahnya.

Foto tersebut diunggah di akun media sosialnya. Unggahan tersebut tuai banyak kritik dari netizen. Bagaimana tidak, Ia disebut menghina Greysia Polii yagn baru saja mengharumkan nama Indonesia di ajang Olimpiade dengan menyabet emas bersama pasangannya, Apriyani Rahayu pada Senin (2/8) lalu.

Unggahan sebelum dihapus - Credit: instagram.com/mimi.julidUnggahan sebelum dihapus - Credit: instagram.com/mimi.julid

Banyak netizen yang merasa tersinggung dan tidak terima terkait unggahan Maell Lee. Meski pada akhirnya unggahan tersebut dihapus, banyak netizen yang menyerukan Maell Lee untuk melakukan klarifikasi dan permohonan maaf.

"Orang udah ngebanggain indonesia malah di edit kayak gitu mukanya", komentar sorang netizen.

1. Unggah Foto yang Benar

Credit: instagram.com/maell_leeCredit: instagram.com/maell_lee

Setelah ramai dikritik netizen, Maell Lee lantas menghapus unggahan tersebut. Ia langsung menggantinya dengan foto Apriyani Rahayu-Greysia Polii yang asli. Pada caption unggahan tersebut ia juga memberi ucapan selamat pada keduanya.

"Ini yang bener. Selamat ya @r.apriyanig @greyspolii indonesia bangga pada kalian," tulis Maell Lee.

Netizen tak terima begitu saja. Pada kolom komentar masih ditemukan sederet kritik dari netizen yang masih merasa geram dengan unggahan Maell Lee sebelumnya.

"Aneh2 aja segitunya ganti2 photo orang!! harusnya bangga kok dibikin lucu2 an!!" salah satu komentar geram dari netizen.

2. Beri Klarifikasi

Credit: instagram.com/maell_leeCredit: instagram.com/maell_lee

Akhirnya pada Selasa kemarin (3/8). Maell Lee memberi klarifikasi melalui unggahan Instagram-nya. Ia mengungkapkan bahwa unggahan tersebut adalah reaksi bahagianya karena keberhasilan pebulutangkis Indonesia meraih emas. Ia menyebut bahwa awalnya sama sekali tidak bermaksud menghina Greysia Polii.

"Saya mau menanggapi postingan saya yang sedang ramai dibicarakan, bahwa sesungguhnya postingan tersebut hanya euphoria saya yang senang karena Indonesia berhasil menang dan mendapatkan emas sebagai bentuk apresiasi saya posting dengan versi karakter saya yaitu komedi tanpa ada maksud menghina siapapun apalagi apa yang kalian sebut pahlawan kalian, itu pahlawan saya juga," tulis Maell.

3. Minta Maaf

Karena polemik yang semakin runyam, ia memutuskan untuk meminta maaf pada netizen yang merasa tersinggung dan menghapus unggahan tersebut. Ia lebih memilih hal itu untuk menjaga agar situasi kondusif kembali dan menghindari salah paham.

"Hanya di sini mungkin orang tidak bisa menerima lelucon saya maka dari itu dengan besar hati saya Maell Lee mohon maaf kepada @greyspolii khusunya dan kepada netizen yang tersinggung, Pada umumnya, karena ini murni bukan bermaksud menghina, karena foto @greyspolii yg sedang mengeluarkan lidah saya ganti dengan foto saya tf mengeluarkan lidah dengan maksud tidak ada unsur penghinaan disitu dan caption saya di sini adalah "Selamat @r.apriyanig @greyspolii Indonesia bangga pada kalian" dan juga sebelum itu saya jg memposting IG stories (slide 2) untuk menunjukan bahwa saya jg bangga kita berhasil menang," lanjutnya.

"Namun karena polemik yang terjadi saya memutuskan menghapus postingan tsb dengan tujuan agar kondusif dan tidak terjadi salah paham, sekali lagi disini saya minta maaf yang sebesar2nya bila lelucon saya tidak berkenan terima kasih atas pengertiannya maju terus olahraga Indonesia," tutupnya.

Salut untuk Maell Lee yang langsung beri klarifikasi dan memohon maaf. Ini bisa jadi pelajaran agar lebih bijak dalam mengekspresikan pendapat di media sosial, terlepas benar atau tidaknya fakta yang terjadi. Semoga hal seperti ini tak terulang kembali kedepannya.