Kronologi Meninggalnya Tatty Maryati Ibunda Aktris Senior Yati Surachman, Seminggu Terakhir Sudah Ngedrop

Senin, 20 Juli 2020 16:51 WIB
Kronologi Meninggalnya Tatty Maryati Ibunda Aktris Senior Yati Surachman, Seminggu Terakhir Sudah Ngedrop
Yati Surachman © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Aktris senior Yati Surachman sedang berduka atas meninggalnya sang ibunda pada Minggu (19/7/2020). Tatty Maryati Surachman mengembuskan nafas terakhir di usia 80 tahun karena penyakit diabetes dan stroke yang sudah dideritanya selama hampir 20 tahun.

Yati Surachman mengungkapkan bahwa sang bunda pernah menyatakan permintaan yang cukup spesifik terkait kematiannya. Mendiang berharap agar kelak jasadnya dimakamkan di liang yang sama dengan sang suami.

"Iya, ayah saya, 7 tahun lalu meninggal duluan. Kalau minta sejak setahun terakhir ini, dia bilang mama pengen mati, saya becandain gak ada yang jual ma kalau mati, makanya saya bilang mama mendingan berserah, bersyukur, yang penting mama sehat, tapi ya karena mungkin umur, mungkin juga karena udah punya cicit, banyak, kawin muda juga, cepet punya cicit," ungkap Yati Surachman saat ditemui di TPU Kemiri, Rawamangun, Jakarta Timur.

"Usia mama 80, masih muda. Kawin muda umur 16 tahun, udah punya aku, aku anak pertama," imbuhnya.

1. Bergantian Jaga Sang Ibu

Menurut pengakuan Yati Surachman, hampir semua saudara kandungnya bergantian menemani sang bunda bahkan hingga larut malam. Meski sudah mencurahkan segalanya untuk mendiang selama 3 tahun belakangan, Yati mengaku kebersamaan mereka masih belum cukup.

"Saat-saat terakhir 7 hari memang kami begadang. Tapi gantian, no. 2, no. 5, no. 6, no. 3, no. 8, no. 7, ya kita gantian aja. Kebetulan saya kayak satpam, di luar karena pintu gak dikunci, gak tau kita gak mau kunci aja. Adik saya yang nomor 2 katanya buka aja, jadi karena dibuka saya jaga aja. Terakhir dia selalu panggil adik saya yang no. 6 itu, namanya Eron. mungkin karena serumah kan dan saat terakhir dia gak bisa naik kursi roda dia digendong sama adik saya, jadi yg dicari adik saya. Panggil saya juga mbak, saya suka becandain, ntar kalau gimana inget, tapi kadang gak tau, sedihnya 3 tahun saya bersama ibu saya belum cukup," tutur Yati Surachman.

2. Kondisi Kesehatan Drop

Sebelum tutup usia, kondisi kesehatan Tatty Maryati yang sudah menderita stroke dan diabetes cukup lama sempat memburuk sehingga membuat anak-anaknya tak kuasa menahan air mata. Duka atas kepergian sang bunda masih terasa lekat di hati Yati Surachman.

"Seminggu ini sudah ngedrop dan on off, maksudnya seperti mau ngabisin, ada lagi. Jadi kalau abis Ashar, Magrib dia kayak mau ngabisin, yang lain dah pada nangis, saya memang pas menghembuskan nafas terakhir saya gak nangis, baru sekarang saya nangis dan merasa kehilangan," tandasnya.