Kronologi Sakit Meningitis Glenn Fredly, Sempat Masuk RS di Hari Musik - Tahan Sakit Kepala Kala Bernyanyi

Kamis, 09 April 2020 13:04 WIB
Kronologi Sakit Meningitis Glenn Fredly, Sempat Masuk RS di Hari Musik - Tahan Sakit Kepala Kala Bernyanyi

Kapanlagi.com - Glenn Fredly menyembunyikan sakitnya dari keluarga dan juga para fansnya. Ia didiagnosa dokter mengalami komplikasi meningitis yang sudah ia derita sejak beberapa waktu lalu.

Namun Glenn adalah orang yang sangat pandai menyimpan rahasia kehidupan pribadinya. Tidak banyak yang tahu bahwa Glenn sedang menderita sakit serius, bahkan keluarganya pun tak semuanya diberitahu karena tak mau membuat khawatir.

Sebelum meninggal dunia pada Rabu, (8/4) seperti ini kronologi sakit meningitis yang diderita oleh Glenn.

1 dari 9 halaman

1. Masuk RS Pada Hari Musik

Masuk RS Pada Hari Musik © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Tidak banyak yang tahu bahwa Glenn Fredly sempat masuk rumah sakit pada awal Maret lalu. Tepatnya pada Hari Musik Nasional 9 Maret 2020 lalu. Glenn sudah mulai merasakan sakit dan ia dirawat selama beberapa hari.

Hal ini diungkapkan oleh Wendi Putranto, manajer Seringai yang dihubungi awak media lewat pesan singkat. "Iya sempat dirawat di RS seminggu waktu itu. Tapi udah keluar dari RS, sekarang di rumah aja. Pas hari musik sampai seminggu setelahnya," ujar Wendi.

2 dari 9 halaman

2. Sempat Dinyatakan Sehat

Sempat Dinyatakan Sehat Postingan Glenn Fredly di hari ulang tahun sang istri © instagram/glennfredly
Setelah seminggu dirawat di rumah sakit, kondisi Glenn sempat membaik. Hal itu diungkapkan oleh Uchie, adik kandung Glenn Fredly yang ditemui tak lama setelah pemilik tembang Sedih Tak Berujung ini berpulang.

Uchie mengungkapkan bahwa sang kakak sudah didiagnosa sehat setelah keluar rumah sakit awal Maret. Tetapi kemudian Glenn mulai drop lagi namun belum memutuskan ke rumah sakit.

"Kondisinya memang drop, beberapa hari terakhir ini. Baru belakangan ini aja, dan dropnya minggu terakhir ini. Memang sempat ke luar dan sehat, bahkan kemarin waktu ulangtahun Ayu dia sempat sama-sama dan semuanya fine," ujar Uchie, Rabu, (8/4).

3 dari 9 halaman

3. Sempat Bernyanyi dengan Menahan Sakit Kepala

Sempat Bernyanyi dengan Menahan Sakit Kepala © instagram/najwashihab
Meski kondisi kesehatannya sedang kurang baik, namun Glenn Fredly tetap melanjutkan kegiatan sosialnya. Salah satunya berpartisipasi dalam acara amal yang digelar oleh Najwa Shihab.

Acara konser bertajuk #dirumahaja tersebut direkam oleh Glenn dalam kondisi sakit kepala hebat. Najwa Shihab pun baru mengetahui hal ini ketika Glenn telah berpulang dan membagikan kenangan itu lewat Instagram.

"Glenn Fredly Tercinta.

Sahabat saya, Glenn Fredly berpulang malam ini. Terakhir kami berkontak minggu lalu. Memintanya merekam video ini dan mengajaknya ikut konser musik amal #dirumahaja.

Belakangan saya baru tahu ketika menyanyikan dan membuat video ini Kakak Glenn sedang menahan sakit kepala luar biasa. Tapi dia memang orang yang tidak pernah mau mengecewakan orang lain. Video ini adalah rekaman penampilan terakhirnya sebelum berpulang. Terima kasih kakak. Nanti kita cerita soal kakak lagi. Karena cerita soal kebesaran hati kakak terlalu berharga jika tidak dibagi. Salam sayang dari kami semua di Narasi," tulis Najwa.

4 dari 9 halaman

4. Masuk Rumah Sakit Lagi

Masuk Rumah Sakit Lagi © KapanLagi.com/Daniel Kampua
Namun tak lama setelah membuat video bersama Najwa dan para musisi lain, Glenn kembali drop. Pada hari Senin, (6/4) lalu ia masuk rumah sakit Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta.

"Masuk RS pada hari Senin, masih di kamar biasa," tutur adik Glenn, Uchie.

5 dari 9 halaman

5. Masuk ICU Karena Napas Terganggu

Masuk ICU Karena Napas Terganggu © KapanLagi.com/Deki Prayoga
Namun setelah dua hari dirawat, kondisi Glenn terus menurun dan pada Rabu, (8/4) pagi ia masuk ke ICU. Napas ayah satu anak itu terganggu dan ia harus masuk ruang perawatan intensif.

"Lalu tadi pagi drop dan masuk ICU. Sempat nafasnya terganggu ya drop, dan akhirnya tadi jam 18:47 WIB kakak kami, suami dari Ayu, papa dari Gewa, beristirahat dengan tenang dipanggil Tuhan kembali ke pangkuannya Bapa di surga," tutur Uchie.

6 dari 9 halaman

6. Glenn Sudah Berjuang

Glenn Sudah Berjuang Uchie adik Glenn © KapanLagi.com/Irfan Kafril
Menurut sang adik, Glenn sudah berjuang untuk melawan penyakit yang ada di tubuhnya. Namun perjuangannya kini telah selesai, keluarga pun mengikhlaskan kepergian sang penyanyi.

"Perjuangannya udah selesai, dia udah fight, dan betul adanya ada komplikasi di kepalanya, yang dibilang meningitis itu betul. Ya kita mau melakukan yang terbaik aja untuk bung (Glenn) untuk kakak kami," jelasnya.

7 dari 9 halaman

7. Sembunyikan Sakit Dari Keluarga

Sembunyikan Sakit Dari Keluarga Uchie adik Glenn © KapanLagi.com/Irfan Kafril
Tidak hanya fans yang terkejut, keluarga pun tak kalah syok atas kepergian Glenn yang sangat mendadak. Tidak ada yang menyangka bahwa Glenn yang selama ini tampak sehat, tiba-tiba berpulang ke hadirat Tuhan.

"Memang bung (Glenn) itu orangnya nggak mau bilang kalau sakit yah, tapi terakhir memang kita udah sama-sama berdoa, semua kita berserah. Begitu cepat aja semua," tukas Uci.

8 dari 9 halaman

8. Meninggal Dunia

Meninggal Dunia Jenazah Glenn © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Tak lama setelah masuk ke ruang ICU, ternyata kondisi Glenn terus menurun. Dan pada Rabu, (8/4) sore Glenn menghembuskan napas terakhirnya di RS Setia Mitra.

"Kita kehilangan (Glenn Fredly) pada jam 18:47 WIB. Lalu untuk kenapanya, pasti dari pihak RS udah ngasih keterangan yaitu kompikasi meningitis," jelas Uchie.

9 dari 9 halaman

9. Pesan Glenn Untuk Keluarga

Pesan Glenn Untuk Keluarga © instagram/glennfredly309
Uchie mengungkap bahwa keluarga sudah ikhlas melepas kepergian Glenn. Ia menyebut bahwa ini adalah rencana Tuhan yang baik, dan menyampaikan terima kasih kepada semua doa yang telah diberikan untuk kakaknya tercinta.

Sebelum berpulang, Glenn ternyata sempat meninggalkan pesan. Mendiang meminta kepada keluarga untuk saling menyayangi satu sama lain meski ia telah tiada.

"Dia banyak pesan sama kita di hari terakhir, dia bilang 'Family stick together,' dan dia benar-benar orang yang low profile," tukas Uchie.

Selamat jalan, Glenn Fredly.

(kpl/phi)