Kuliah 6 Tahun, Shireen Sungkar Ungkap Perjuangan Skripsi

Ayu Srikhandi | 22 Oktober 2016, 20:15 WIB
Kuliah 6 Tahun, Shireen Sungkar Ungkap Perjuangan Skripsi

Kapanlagi.com - Shireen Sungkar tercatat menghabiskan 6 tahun untuk menyelesaikan kuliah S1. Aktris bintang sinetron ini kini resmi menjadi seorang sarjana dengan penuh perjuangan.

Bagi istri Teuku Wisnu itu, banyak sekali hal-hal tak terduga kala sedang kuliah dan skripsi. Bebannya pun lebih berat daripada mahasiswa biasa karena ia telah berkeluarga dan memiliki anak.

"Ya jadi aku kuliah sudah lama. Cuma aku dua tahun cuti. Karena memang waktu aku pas semester 6 lagi hamil yang pertama aku plasenta previa jadi nggak boleh turun dari kasur, padahal aku sudah ambil mata kuliah jadi failed semua. Sama dokter nggak boleh kuliah. Karna di kampus aku harus naik tangga lantai empat. Jadi harus istirahat dan kuliah aku stop dulu," ungkapnya saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Shireen Sungkar menceritakan perjuangannya saat sripsi. © KapanLagi.com/Budy SantosoShireen Sungkar menceritakan perjuangannya saat sripsi. © KapanLagi.com/Budy Santoso

Setelah usia anak pertamanya cukup besar, ia pun melanjutkan kuliah lagi, "Pas anak (Adam) sudah gede dikit jadi mulai kuliah lagi. Kerjain skripsi sudah lama banget. Sebenarnya harus selesai Maret tahun ini. Tapi pas mau sidang ternyata di print nilainya ada mata kuliah yang ke skip jadi harus ke semester baru lagi. Jadi ya sudah lama banget. Ya cuma yang penting alhamdulillah selesai. Ngerjain skripsi lagi pas hamil 6 bulan anak kedua."

Saat sedang sibuk skripsi, tak jarang Adam putra pertamanya 'mengusili' dirinya. Namun semua itu tetap dinikmati oleh Shireen, "Cuma ya seru sih direcokin anak pertama (Adam). Kemarin revisi skripsi dicoret-coret sama dia. Jadi pusing mana yang mau aku revisi. Soalnya pas lihat aku lagi catet-catet di skripsi, dia minta 'Mami gambar, mami gambar' ya mau gimana lagi. Laptop juga dipencet semua jadi ya sudahlah, yang penting selesai ada ceritanya sendiri."

Di sisi lain, Shireen juga bersyukur suaminya terus memberikan dukungan. Teuku Wisnu bisa diajak berbagi bebannya menyelesaikan skripsi.

"Wisnu dukung. Biasanya kalau Wisnu di rumah aku suka 'Ini kamu sama Adam dulu'. Gimana habis USB dicabut-cabut, jadi agak ribet. Wisnu bantuin juga sih. Misalnya kalau aku mau ujian aku tanyain juga," tandasnya.

(kpl/rhm/jje)

Reporter:  

Nuzulur Rakhmah