Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Lama Tak Terlihat, Aktor Senior Mat Solar Tengah Terlibat Kasus Sengketa Tanah Senilai 3 Miliar

Senin, 07 September 2020 21:01 WIB
Lama Tak Terlihat, Aktor Senior Mat Solar Tengah Terlibat Kasus Sengketa Tanah Senilai 3 Miliar
Istimewa

Kapanlagi.com - Jarang terlihat, aktor senior Mat Solar ternyata sedang terlibat dalam kasus sengketa tanah. Tak tanggung-tanggung, nilai tanah yang disengketakan tersebut mencapai 3 miliar rupiah!

Diketahui jikavMat Solar terlibat sengketa tanah tersebut dengan seorang pria bernama Muhammad Idris. Kasus tersebut kini dalam penanganan Pengadilan Negeri Tangerang.

Saat dikonfirmasi, putra Mat Solar malah tak mengetahui perihal sengketa tanah tersebut. Dirinya juga tak bisa memberikan informasi secara detail tentang kasus yang dihadapi oleh sang ayah.

"Saya nggak tahu dan nggak bisa jawab," ujarnya dilansir Matamata.

1. Berawal Dari Penggadaian Tanah

Gambar

Pihak Muhammad Idris yang diwakili pengacaranya, Endang Hadrian, memberikan penjelasan tentang kasus ini. Kasus tersebut berawal dari penggadaian tanah pada tahun 1993 lalu.

"Kasus ini berawal dari Idris yang menggadaikan tanah seluas 1.350 meter persegi kepada Rusli seharga Rp 8 juta di tahun 1993 tanpa bukti peralihan tanah," ujarnya.

2. Masih Berlanjut

Namun Rusli malah menjual tanah tersebut kepada Mat Solar tanpa Akta Jual Beli (AJB) seharga 85 juta rupiah pada tahun 2004. Dari sinilah masalah dimulai, karena tanah tersebut dibeli pemerintah untuk perluasan jalan tol, namun yang bisa mencairkannya adalah Idris, bukan Mat Solar, karena tidak adanya Akta Jual Beli.

"Uang pembebasan tanah itu kurang lebih Rp 3,3 miliar. Tapi yang bisa mencairkannya adalah Pak Idris. Karena dalam girik, atas namanya adalah klien saya," terang Endang Hadrian.

Persidangan atas kasus sengketa tanah tersebut terus berlanjut. Rencananya, Selasa (8/9/2020) Pengadilan Negeri Tangerang akan menggelar sidang untuk mendengarkan keterangan saksi.