Lawan Pemanasan Global, Kunto Aji Tanam Pohon Untuk Pertama Kali

Guntur Merdekawan | Jum'at, 15 November 2019 17:35 WIB
Lawan Pemanasan Global, Kunto Aji Tanam Pohon Untuk Pertama Kali

Kapanlagi.com - Bakti Lingkungan Djarum Foundation kembali memerangi pemanasan global lewat aksi Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) di situs Ratu Boko dan Candi Ijo, Yogyakarta. Ratusan mahasiswa dari universitas berbeda turut berpartisipasi menanam ribuan tanaman perdu dan semak berbunga.

Bahkan, ada pula kehadiran penyanyi kondang Kunto Aji dalam event tersebut. Usut punya usut, ini merupakan pengalaman pertama Kunto Aji dalam menanam pohon. Meskipun begitu, dirinya langsung mengiyakan tanpa pikir panjang ketika mendapat tawaran dari Djarum Foundation.

"Iya pertama kali. Ya saya setuju sekali langsung mengiyakan untuk acara ini," ujar Kunto Aji di situs Ratu Boko, Sleman, Yogyakarta, Selasa (12/11).

 

 

1 dari 3 halaman

1. Langkah Positif Mencegah Pemanasan Global

Langkah Positif Mencegah Pemanasan Global Kunto Aji / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya
Menurut Kunto Aji, aksi tanam pohon ini sangat penting dan harus mulai dibudayakan oleh segenap masyarakat. Karena dengan aksi penghijauan, tak peduli sekecil apapun itu, maka pemanasan global bisa dicegah.

"Iya pasti langkah yang baik namanya menanam pohon saya yakin hasilnya jauh lebih banyak positifnya daripada mudaratnya, jadi saya yakin akan baik. Cuaca lagi panas banget di mana-mana, jadi mungkin penanaman pohon akan sangat membantu," sambung pelantun Terlalu Lama Sendiri itu.

2 dari 3 halaman

2. Mulai Kurangi Penggunaan Botol Plastik

Bahkan Kunto Aji juga sudah melawan pemanasan global dengan hal-hal kecil lain, seperti mengurangi penggunaan botol plastik. Meski tak langsung memberi dampak nyata, namun penyanyi berusia 32 tahun itu yakin jika aksinya itu bakal mengubah masa depan.

"Saya juga merubahnya untuk lebih menyadari itu dengan ya saya di rumah juga melakukan hal-hal kecil seperti mengurangi botol plastik, tidak menggunakan sedotan hal seperti itu yang saya biasakan di rumah. Efeknya saya rasa akan dirasakan. Kalau di saya mungkin kecil, tapi ketika itu diakumulasi semakin banyak orang yang tidak menggunakan sedotan dan sampah plastik, pastinya akan lebih baik untuk bumi kita," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

3. Misi dari Aksi Siap Darling

Misi dari Aksi Siap Darling Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya
Sementara itu, Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji mengatakan kegiatan Candi Darling ini dapat mengajak generasi milenial untuk tak hanya sekedar peduli, namun terlibat langsung dalam melakukan aksi nyata. Harapannya adalah untuk menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

"Prakarsa Siap Darling melalui program Candi Darling merupakan langkah nyata dalam menggerakkan generasi milenial, khususnya mahasiswa agar Iebih peduli terhadap lingkungan," ujar FX Supanji.

"Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dikarenakan mereka turut berperan serta menghijaukan situs-situs warisan sejarah bangsa Indonesia serta menularkan kebiasaan baik ini di masyarakat luas. Harapan jangka panjang adalah langkah ini akan menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan," lanjutnya.

Penanaman serentak di Situs Ratu Boko ini melibatkan tak kurang dari 250 mahasiswa yang berasal dari Universitas Sanata Dharma, lnstitut Seni Indonesia Yogyakana, Universitas Gadjah Mada, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan beberapa universitas lainnya. Program Siap Darling ditargetkan rampung pada tahun 2025 mendatang.

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

↑