Lepas Hijab, Salmafina Sunan Sempat Diancam dan Disuruh Bunuh Diri Oleh Haters

Tyssa Madelina | Kamis, 21 Februari 2019 14:45 WIB
Lepas Hijab, Salmafina Sunan Sempat Diancam dan Disuruh Bunuh Diri Oleh Haters

Kapanlagi.com - Keputusan Salmafina Sunan melepas hijabnya tentu menimbulkan pro dan kontra di antara netizen. Belum lama ini, putri pengacara kondang Sunan Kalijaga itu tampil beda dengan rambut tergerai. Meski sudah mengantisipasi komentar dari haters, Salma pun membuat sebuah klarifikasi soal alasannya melepas hijab.

"Beberapa hari yang lalu, seperti yang sudah kalian lihat, aku membuat keputusan untuk melepas hijabku. Meskipun terlalu cepat tapi aku sudah merenungi keputusan ini," tulis Salmafina Sunan, seperti dilansir dan diterjemahkan dari akun Instagram-nya, Kamis (21/02/2019).

"Aku mulai pakai hijab beberapa tahun lalu, aku masih remaja dan tersesat. Ada beberapa masalah dan aku merasa ketakutan. Aku butuh petunjuk dan memutuskan untuk mencarinya ke Allah. Aku mempelajari semua tentang Islam dan berhasil menemukan ketenangan di sana," lanjutnya.

 

1 dari 4 halaman

1. Curahan Hati Salmafina

Curahan Hati Salmafina Credit: Instagram/salmafinasunan
Seperti yang sudah diketahui, Salma memutuskan untuk berhijab sebelum Taqy Malik meminangnya. Namun sejak isu perceraiannya menyeruak, Salma justru mendapat kecaman. Hal itu pun ia curahkan di Instagram.

"Banyak orang yang memberiku pujian kalau aku sudah mengambil jalan yang tepat. Tanpa sadar, aku membuat identitas berdasarkan hijab yang aku kenakan. Ada masa naik dan turun terlebih setelah mengalami masalah terbesar, aku mulai menerima berbagai kecaman."

"Orang-orang mulai menghina, merendahkanku lagi. Seperti deja vu, karena ini sama persis seperti yang aku alami (sebelum hijrah). Tapi aku berpegang teguh pada imanku namun lambat laun aku mulai bertanya-tanya, apa tujuanku berhijab? Kenapa ketika semua masalah menjadi sulit, aku justru merasa kosong? Aku pun mencari petunjuk lagi, kali ini aku mulai dengan pertanyaan, 'Apa tujuanmu berhijab pertama kali'," paparnya.

2 dari 4 halaman

2. Mencari Jawaban

Mencari Jawaban Credit: Instagram/salmafinasunan
Salma memang belum menemukan jawaban pasti soal keraguannya berhijab. Namun ia percaya, meski sudah menanggalkan penutup kepalanya, ia masih seorang Muslim. Salma pun berharap semoga wanita lain di luar sana tak mengalami hal yang sama sepertinya.

"Sejujurnya, aku masih dalam proses mencari jawaban. Aku percaya ada alasan lain seorang wanita berhijab, selain karena sudah diperintahkan di dalam Al Qur'an. Aku tetap merasa seperti seorang Muslimah, aku percaya Allah masih mencintaiku. Aku juga tidak mencibir wanita yang memutuskan untuk berhijab, aku justru mendukung mereka dan mendoakan semoga kelak mereka tak mengalami keraguan sepertiku," harapnya.

3 dari 4 halaman

3. Disuruh Bunuh Diri

Disuruh Bunuh Diri Credit: Instagram/salmafinasunan
Wanita cantik ini sadar betul akan keputusannya. Salma tahu, cepat atau lambat netizen akan ramai membahas dan mencacinya. Sejauh ini Salma tak peduli dengan hal itu namun ada satu hal yang cukup mengusiknya.

"Tapi tentu saja, orang akan berpikir lain. Aku sudah sangat sadar akan konsekuensi dari keputusanku. Aku bisa menerima cacian tapi tentu saja tidak di beberapa hal. Aku tidak masalah jika kalian mengingatkanku karena itu kewajiban bagi sesama Muslim tapi jika sampai mengancam membunuh, menyuruhku bunuh diri dan menertawaiku karenanya, itu terlalu kejam," tegas Salma.

4 dari 4 halaman

4. Harapan Salma

Harapan Salma Credit: Instagram/salmafinasunan
Salma berharap semua kericuhan ini akan segera berakhir. Ia pun menitipkan pesan terakhir kepada orang-orang yang masih membencinya karena keputusan melepas hijab.

"Aku harap kalian sadar kalau berhijab adalah sebuah keputusan. Aku membuat keputusan untuk menanggalkannya seperti kalian membuat keputusan untuk menghinaku. Kita semua berdosa, tapi dengan cara yang berbeda," tandasnya.

(kpl/tmd)


Editor:  

Tyssa Madelina

↑