Lisa A Riyanto Tanamkan Cinta Batik ke Anak

Puji Puput  | 03 Oktober 2012, 12:01 WIB
Lisa A Riyanto Tanamkan Cinta Batik ke Anak
Kapanlagi.com - Kebanggaan penyanyi Lisa A Riyanto pada batik tidak hanya diwujudkan dengan memakai batik di berbagai kesempatan. Namun dia juga menularkan rasa cinta batik pada anak-anaknya sejak dini. Cara itu menurutnya efektif untuk melestarikan batik hingga ke generasi selanjutnya.

"Dulu batik identik dengan acara yang resmi seperti ke perkawinan. Tapi sekarang batik bisa untuk acara sehari-hari karena desain dan bahannya beragam. Saya senang dalam seminggu kita wajibkan anak-anak pakai batik di sekolah. Jangan hanya pegawai negeri yang pakai batik. Pegawai swasta juga seminggu sekali pakai batik," ujarnya.

Lisa yang ditemui usai menjadi peraga busana Iwan Tirta di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Selasa, Selasa (3/10) malam, mengungkapkan selain di sekolah, anak-anaknya juga mengenakan pakaian batik pada berbagai kesempatan.

"Anak saya masih kecil, yang pertama masih SD dan sudah pakai seragam batik. Selain itu kalau menemani papa mamanya dia pakai batik juga. Kalau cowok kemeja batik saja modelnya simple. Kalau cewek kan lebih beragam modelnya," tuturnya.

Rasa cinta itu juga yang membuat Lisa senang menjadi model baju karya Iwan Tirta dalam fashion show bertajuk Iwan Tirta Private Collection.

"Senang sekali saya bisa ikut berpartisipasi dalam merayakan hari batik nasional hari ini. Saya ikut memeragakan batik karya Iwan Tirta. Batik itu bukan sekadar baju yang dipakai. Tapi itu sudah merupakan ciri atau karakter budaya bangsa Indonesia. Kita harus bisa melestarikan budaya ini. Kalau nggak, entar keburu dicuri orang," tegasnya. (kpl/hen/uji/dar)

Editor:  

Puji Puput

 
Join Kapanlagi.com
↑