Lumba-lumba Diangkut Kering, Melanie Subono Beri Kritikan Keras

Risang Sudrajad | 18 Januari 2017, 18:35 WIB
Lumba-lumba Diangkut Kering, Melanie Subono Beri Kritikan Keras

Kapanlagi.com - Isu lumba-lumba yang dijadikan hewan sirkus sampai saat ini masih menjadi perhatian banyak kalangan tak terkecuali Melanie Subono. Putri dari promotor Adrie Subono itu baru-baru ini memberikan kritik keras atas perlakuan sebuah maskapai penerbangan dalam mengangkut lumba-lumba.

Protes kerasnya itu ia sampaikan melalui sebuah postingan di Instagram dan juga Twitter. Dalam unggahan tersebut, Melanie jelas-jelas geram dengan metode pengangkutan yang dilakukan maskapai penerbangan itu di mana lumba-lumba tersebut diangkut secara kering (tanpa menggunakan air).

Melanie Subono kritik keras metode pengangkutan lumba-lumba yang dilakukan sebuah maskapai penerbangan © Instagram.com/melaniesubonoMelanie Subono kritik keras metode pengangkutan lumba-lumba yang dilakukan sebuah maskapai penerbangan © Instagram.com/melaniesubono

Dalam foto yang diunggah Melanie, terlihat lumba-lumba malang itu dimasukkan ke dalam sebuah wadah hanya dengan ditutupi kain saja. Dari caption yang ditulisnya diketahui pula kalau mamalia laut ini akan dibawa ke Balikpapan untuk dijadikan hewan sirkus.

"Repost sampai mereka menjawab!!! PAGI INI (Sekarang) @sriwijayaair ngangkut LUMBA LUMBA ke Balikpapan untuk dipakai di SIRKUS KELILING! Udah liat cara Lumba lumba diangkut kering atau perjalanan panjang? Serius @sriwijayaair saat maskapai lain udah GAK MAU lakukan ini?," bunyi kritikan Melanie Subono dalam caption Instagram-nya.

Kritikan pedas Melanie Subono © Twitter.com/melaniesubonoKritikan pedas Melanie Subono © Twitter.com/melaniesubono

Kritikan Melanie tak cuma sampai di sini saja, artis 40 tahun itu lalu mengunggah peraturan tentang pengangkatan hewan laut. Salah satu poin peraturan itu menyebutkan kalau air harus dimasukkan ke dalam wadah setidaknya merendam 2/3 tubuh hewan.

"Water should then be added to the container so that approximately one half to two thirds of the animal is immersed. Mechanical hand-sprayer should be available for use when required," bunyi salah satu peraturan pengangkutan hewan dalam poin keempat yakni Packing.

Beberapa poin peraturan pengangkutan hewan © Twitter.com/melaniesubonoBeberapa poin peraturan pengangkutan hewan © Twitter.com/melaniesubono

Postingan Melanie Subono ini tentunya memancing berbagai komentar dari kalangan netizen. Banyak yang mendukung sikap Melanie dalam mengkritik kejadian ini.

Anyway, bagaimana komentar kalian menanggapi postingan Melanie Subono ini?

(kpl/abl)

Editor:   Risang Sudrajad