Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Makin Populer di Dunia, Intip 3 Kolaborasi Internasional Afgan yang Bikin Indonesia Bangga

Jeffrey Winanda   | Rabu, 06 Oktober 2021 17:03 WIB
Makin Populer di Dunia, Intip 3 Kolaborasi Internasional Afgan yang Bikin Indonesia Bangga
(c) Instagram/afgan__

Kapanlagi.com - Bicara tentang Afgan, maka tak lepas dari suaranya yang soulful serta lagu-lagunya yang enak didengar. Afgan sendiri memiliki peningkatan karir di dunia musik ketika dirinya tergabung dengan EMPIRE, sebuah records label yang berbasis di Amerika Serikat.

Afgan pun telah merilis album barunya beberapa waktu lalu yang berjudul WALLFLOWER dengan sentuhan RnB kental. Bahkan, solois 32 tahun tersebut juga berkolaborasi dengan musisi internasional. Seperti apa lagunya?

1. Afgan feat Jackson Wang - M.I.A

Era album WALLFLOWER dari Afgan dihebohkan dengan kolaborasi internasional dengan Jackson Wang. Bertajuk M.I.A, Afgan mengubah image kalem dan melankolis dirinya menjadi lebih cool serta swag. Image barunya tersebut melekat sempurna dengan musik RnB yang kental.

Nggak ketinggalan barisan rap vocal yang dibawakan Jackson Wang semakin memeriahkan lagu ini. Pentolan GOT7 tersebut sukses menyatu dengan Afgan yang membuat mereka berdua memiliki chemistry 100%.

2. Afgan & Robin Thicke - Touch Me (Remix)

Terobosan yang dilakukan Afgan dalam karya berikutnya nggak cuma berkolaborasi dengan Jackson Wang. Pada bulan September lalu, Afgan memberikan kegaduhan bagi para fans dengan merilis single kolaborasinya. Tak tanggung-tanggung, Afgan menggandengan Robin Thicke dalam single berjudul TOUCH ME ini.

Baik Afgan maupun Robin Thicke saling memuji satu sama lain dalam proyek kolaborasi ini. Dalam rekaman obrolan mereka yang diunggah di kanal YouTube Afgan, Robin Thicke berkata jika TOUCH ME adalah jenis lagu yang pengen banget dia mainkan. Sementara itu, Afgan sendiri bercerita jika ia tumbuh dalam karir musiknya lewat lagu-lagu dari Robin Thicke.

3. B.I X Bipolar Sunshine & Afgan - Lost At Sea (Illa Illa 2)

Memasuki awal bulan Oktober, musisi Korea Selatan B.I menghadirkan versi remix dari single miliknya yang bertajuk LOST AT SEA (ILLA ILLA). Kali ini, ex personel iKon tersebut menghadirkan dua kolaborator termasuk Afgan.

B.I mengaku jika dirinya mendengarkan banyak musik yang tersebar di seluruh dunia untuk meningkatkan sisi musikalitasnya, tak terkecuali Indonesia. Ketika dirinya mendengarkan vokal Afgan yang soulful, dirinya pun tertarik untuk mengajak bintang Indonesia tersebut untuk bergabung pada single ini.

Kolaborasi internasional yang dihadirkan Afgan nggak cuma semata-mata untuk memberikan karya terbaik bagi para fans, namun juga turut membanggakan Indonesia. Lagu mana yang jadi favoritmu, KLovers?

Reporter:   Jeffrey Winanda