Manajer Jelaskan Kronologi Meninggalnya Ibunda Amanda Manopo, Kondisi Sempat Membaik Sebelum Alami Koma

Senin, 26 Juli 2021 08:18 WIB
Manajer Jelaskan Kronologi Meninggalnya Ibunda Amanda Manopo, Kondisi Sempat Membaik Sebelum Alami Koma
ibunda Amanda Manopo meninggal dunia © istimewa

Kapanlagi.com - Kabar duka tengah menyelimuti keluarga Amanda Manopo. Sang ibunda, Henny Manopo baru saja meninggal dunia karena Covid-19. Selain itu, sang ibunda juga ada penyakit diabetes yang mengakibatkan penggumpalan darah sehingga koma.

"Ya karena covid dan ada penyakit bawaan diabetes yang mengakibatkan penggumpalan otak sampai koma. Komanya hari kedua masuk sini. Hari pertama belum koma. Hari pertama masih dadah senyum sama aku, masih sadar," ujar Ricco Ricardo selaku manajer Amanda Manopo di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Minggu (25/7).

Ricco pun menjelaskan kronologi meninggalnya Henny Manopo yang sebelumnya sempat menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Namun karena keadaanya makin memburuk akhirnya dibawa ke rumah sakit.

"Sebenarnya mami Amanda itu udah isoman 14 hari di rumah. Waktu itu kalau nggak salah malam takbir itu lumayan agak sesak napas tadinya sih biasa-biasa aja, tapi udah ngos-ngosan, sempat ngomong ke saya 'Aku nggak apa-apa Rico, aku sehat kok, aku nggak mau ke Rumah Sakit, pokoknya doain ya,' Iya mami sehat ya," ungkapnya.

"Besok pagi ditelepon mami habis makan tangan nggak bisa digerakin. Kita semua panik, aku telepon sana-sini Rumah Sakit, telepon Amanda lagi di lokasi kan syuting. Habis itu aku bawa ke Rumah Sakit Premiere Bintaro. Di situ cuma dapat IGD doang tapi Puji Tuhan pelayanan bagus. Kebetulan dibantu semua orang kita dapat di sini," lanjutnya.

Selama dirawat di Rumah Sakit, ibunda Amanda Manopo sempat dalam keadaan stabil dan mulai membaik. Tapi hari ini keadaannya kembali kritis hingga akhirnya menghembuskan napas terakhirnya.

"Mami naik turun saturasinya juga. Hari pertama sempat bagus, hari kedua turun lagi, tadi pagi masih bagus 90. Kebetulan siang tadi saturasinya 70 terus tadi kita berdoa jam 3 (sore) Amanda kasih tahu aku mami kritis gitu. Sabar ya dek. Aku otw ke Rumah Sakit dan mami udah nggak ada sekitar jam 4 kalau nggak salah," pungkasnya.

1. Amanda Manopo Terpukul

Kepergiaan sang ibunda tentunya membuat Amanda Manopo sangat terpukul. Manajer Amanda Manopo, Ricco Ricardo pun menjelaskan kondisi Amanda Manopo, papanya dan kakaknya saat ini.

"Papi sangat terpukul sekali. Ibarat kata Papi kehilangan mami. (Amanda dan Angel) Ya pasti terpukul. Tapi nggak bisa maksain dia wawancara juga. Saya juga bingung tunggu mood dia bagus," ujar Ricco Ricardo di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Minggu (25/7).

Ricco Ricardo mengatakan Amanda Manopo terakhir bertemu sang ibunda saat dibawa di Rumah Sakit pertama kali usai menjalani isolasi mandiri. Namun, setelah itu pindah ke Rumah Sakit lain demi mendapat perawatan yang intensif.

"Hari pertama masuk rumah sakit (Premiere Bintaro) aku sama dia (Amanda) yang urus. Kemarin ke sini (RS Mitra Keluarga) kita dipanggil sekeluarga tapi kita nggak ketemu (mama)," katanya.

2. Dimakamkan di San Diego Hills

Jenazah ibunda Amanda Manopo akan dimakamkan pada Senin (26/7) pagi di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

"Besok pagi, di San Diego. Pemakaman jam setengah 11. Kemungkinan dari rumah sakit jam 9," ujar Ricco Ricardo selaku manajer Amanda Manopo di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Minggu (25/7).

Ricco menjelaskan alasan ibunda Amanda Manopo dimakamkan di San Diego Hills karena keluarga ingin memberikan tempat peristirahatan yang terbaik.

"Sebenarnya sih keputusan kami ya buat tempat mami yang abadi. Kami cariin yang bagus untuk selamanya. Aku selaku manajemen aku yang urus semua,” jelasnya.

Selamat jalan untuk ibunda Amanda Manopo. Semoga mendiang diberi tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi kekuatan dan ketabahan. Aamiin.