Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Marlina Octaria Tak Terima Ditalak Cerai Lewat Surat oleh Ayah Taqy Malik

Sabtu, 25 September 2021 20:00 WIB
Marlina Octaria Tak Terima Ditalak Cerai Lewat Surat oleh Ayah Taqy Malik
Marlina Octaria ditalak ayah Taqy Malik © istimewa

Kapanlagi.com - Marlina Octaria Kawurung kembali mengungkap kekesalannya terhadap ayah Taqy Malik, Mansyardin Malik. Kali ini bukan masalah ranjang yang dipersoalkan Marlina, melainkan cara Mansyardin Malik menjatuhkan talak cerai kepadanya.

Marlina Octaria mengaku ditalak cerai Mansyardin melalui surat yang dikirim melalui jasa pengiriman.

"Ini surat (pernyataan cerai) dari dia (Mansyardin Malik). Dia kirim pakai paket," kata Marlina sambil menunjukkan surat pernyataan cerai dari Mansyardin di Senayan City, Jakarta, Jumat (24/9/2021).

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Minta Diceraikan Baik-Baik

Gambar

Menurut Marlina, meski hanya menikah secara agama, menalak cerai melalui surat sangat lah tak pantas. Seharusnya, lanjut Marlina, Mansyardin menceraikannya secara baik- baik, seperti halnya ketika ia dinikahi.

"Dia kan menikahi saya, bertemu dengan keluarga saya secara baik-baik, nah harusnya sekarang (cerai juga) gitu. Walau saya sudah tidak punya orangtua, tapi saya punya kakak-kakak. Saat menikah kan dia ngomong sama keluarga, masa sekarang begini," kata Marlina.

Hal senada juga dikatakan kuasa hukum Marlina, Krisna Murti. Talak cerai sebaiknya diucapkan secara lisan, bukan tulisan.

"Namanya talak, kan harus melalui ucapan, bukan surat," kata Krisna Murti di tempat yang sama.

2. Surat Cerai Dalam Bentuk Foto Copy

Krisna Murti juga menyindir Mansardin dengan mempertanyakan keaslian surat tersebut. Sebab, surat itu dikirim melalui paket pengiriman dan dalam bentuk foto copy.

"Yang membuat pernyataan tersebut kan MM harusnya aslinya diberikan. Dia pegang arsipnya. Ini jadi pertanyaan buat kami, apakah surat ini asli dari MM atau bukan? Kalau didelegasikan kepada orang yang ada hubungannya dengan MM, mungkin surat tersebut bisa dipastikan dari MM," kata Krisna.

Selain mempersoalkan surat cerai dari Mansyardin, Marlina juga membantah pernyataan Mansyardin yang telah menjatuhkan talak cerai secara lisan kepadanya tertanggal 6 September 2021.

Menurut Marlina, memang dirinya pada tanggal tersebut bertemu Mansyardin. Namun tidak ada kata talak yang keluar dari Mansyardin.

"Kami ketemuan di tanggal 6 September itu, kemudian di situ saya meminta untuk diceraikan, tapi dia tidak mau, dia bilang karena nggak ada saksi. Padahal di situ ada anak saya, ada ART saya. Jadi tidak ada penalakan saat itu," kata Marlina.