Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Masih Trauma, Ternyata Begini Kondisi Terakhir Ibunda Praz Teguh Sebelum Tutup Usia

Senin, 30 Mei 2022 21:29 WIB
Masih Trauma, Ternyata Begini Kondisi Terakhir Ibunda Praz Teguh Sebelum Tutup Usia
Cerita Praz Teguh saat sang bunda meninggal dunia ©KapanLagi.com/Irfan Kafril

Kapanlagi.com - Duka rupanya masih belum hilang di hati komika asal Padang, Sumatera Barat, Praz Teguh. Pasalnya pada pertengahan tahun 2021 lalu, sang bunda, Syalfia Ankuniarti meninggal dunia.

Saat ditemui di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, pria yang akrab disapa Praz ini menceritakan kondisi sang bunda sebelum tutup usia. Ia menyebut fisik mendiang ibunya samakin kurus karena penyakit diabetes yang dierita oleh ibunya.

"Dari 2016 udah sakit, kan ibu sedikit berbadan (gemuk), usianya 58 tahun, dan seharusnya masih segerkan. Dia ada sakit diabet yang buat badan makin kurus," ungkap Praz Teguh.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

"Dari berat badan mendiang yang 90 kilo lebih turun ke 50 kilo, separonya," lanjutnya.

1. Kedekatan Dengan Ibu

Gambar

Sebagai anak, Praz Teguh kala itu sering memanjakan sang bunda. Dengan candaan antara ibu dan anak, Praz Menyebut hal itu sepertinya bisa membuat ibunya lupa akan sakitnya walau sekejap.

"Kadang dia nggak enak badang gua pijitin kepalanya, datang gua ngelucu-lucu aja, sehat dia. Dia kalau ketawa sehat," ujarnya.

2. Masih Belum Percaya

Gambar

Karena berbagai kenangan itu, Praz pun mengaku hingga kini masih tak percaya bahwa sang bunda telah tiada. Apalagi pada momen ramadhan dan lebaran sangat terasa berbeda tanpa kehadiran ibunya.

"Banyak meninggalkan cerita dan duka yang lama sembuhnya, masih trauma. Kemarin gua pulang ke Padang aja, anjir parah banget. Biasa puasa dan lebaran ada beliau, sekarang udah nggak ada," tukasnya.

3. Sosok Ibunda

Gambar

Selain itu, Praz Teguh pun membeberkan bagaimana sosok ibunya selalu bisa menjadi ibu yang paham dengan masalah anak-anaknya. Mencoba memahani dan menuruti keinginan anak-anaknya, tetapi tetap ada aturan yang disepakati, begitulah sang bunda di mata Praz Teguh.

"Dia biasanya mencoba untuk deket ke kita, dia langsung ngelarang tapi masuk dan deket dan nanya sama anaknya. Ngerokok. Gua bahkan kelas tiga SMP udah dibolehin ngerokok, akhirnya dia bilang 'ngerokok dulu di rumah, kalau udah puas, baru ke sekolah, jangan ngerokok di sekolah ya', segitunya," pungkasnya.

4. Kondisi Sebelum Meninggal

Gambar

Komika 30 tahun ini juga menceritakan bagaimana momen sebelum sang bunda menghembuskan napas terakhirnya. Ia berkisah, kala itu, dirinya tengah asik menenggak minuman keras, padahal sang bunda tengah sakit.

"Sebelum beliau meninggal, gua tuh lagi asik mabuk sepanjang hari selama bulan puasa. Orang cari pahala, nah gua cari mabok. Itu bulan puasa loh. Akhirnya mendadak lima hari setelah lebaran beliau meninggal. Gua baru pulang mabok, ternyata dia tiba-tiba sekarat. Jadi gua merasa kayak 'anjir ini kayaknya salah gua deh'. Sampe gua mikir, kayaknya gua harus masuk pesantren, bini gua kasih modal buat dagang sampai bini gua waktu itu mikir, ya udah kalau itu keputusannya," ujarnya.