Sederet Selebriti Tanah Air yang Menderita Autoimun, Dari Raditya Dika Sampai Cita Citata

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 19 Agustus 2021 14:03 WIB
Sederet Selebriti Tanah Air yang Menderita Autoimun, Dari Raditya Dika Sampai Cita Citata
Raditya Dika (credit: instagram.com/raditya_dika) Cita Citata (credit: instagram.com/cita_citata)

Kapanlagi.com - Di masa sekarang ini sudah bukan hal baru lagi kalau jenis-jenis penyakit semakin banyak dan menyerang tanpa pandang bulu. Mau tua muda, laki-laki maupun perempuan, kaya ataupun miskin.

Hal yang sama pun juga berlaku pada penyakit yang bernama autoimun. Autoimun ini sendiri merupakan penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh kita malah menyerang sel-sel sehat dalam tubuh.

Beberapa faktor, seperti faktor genetik, lingkungan, serta hormon dalam manusia diduga sebagai penyebab penyakit ini. Beberapa selebriti tanah air sempat mengaku mengidap autoimun. Penasaran siapa saja mereka? Berikut sederet selebriti yang menderita autoimun!

1. Raditya Dika

Aktor sekaligus Stand Up Comedian, Raditya Dika juga mengaku mengidap autoimun yang lebih menyerang ke sel-sel kulit. Ia juga mengatakan bahwa gejala-gejala yang timbul sudah ia rasakan sejak lama saat menjadi bintang tamu pada kanal YouTube pribadi milik Ussy dan Andhika Pratama.

Tak hanya itu, di dalam channel tersebut, suami dari Anissa Aziza ini juga mengatakan bahwa kulitnya akan kering dan muncul ruam setiap kali ia merasa stress, dan sendi-sendi terasa sakit. Ia juga memperjelas bahwa ia sudah mengalaminya selama 6 tahun terakhir.

2. Ashanty

Pada tahun 2019 lalu, Istri dari penyanyi Anang Hermansyah, Ashanty mengumumkan bahwa ia mengidap penyakit autoimun pada akun instagram pribadinya. Ashanty mengaku mengetahui bahwa ia menderita autoimun ketika menemani suaminya check up di RSUD Gatot Soebroto.

Dilansir dari liputan6.com, gejala yang ia alami berupa bentol-bentol yang muncul di sekujur badannya dan akhirnya ia diagnosis menderita autoimun yang sudah menyerang kelenjar tiroid miliknya. Tak hanya itu, autoimun yang ia derita mengharuskannya menjalani operasi dan perawatan di Dubai.

3. Cantika Abigail

Penyanyi cantik serta mantan personel grup vokal GAC, Cantika juga merupakan penyintas autoimun psoriasis. Autoimun jenis ini menyerang bagian kulit seperti munculnya bercak merah, kulit kering, serta gatal-gatal. Cantika mengaku saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube milik Enzy Storia, bahwa hal ini telah ia alami sejak tahun 2011 silam.

Di dalam channel YouTube tersebut, Cantika mengatakan bahwa awalnya dokter sempat melakukan salah diagnosa terhadapnya. Namun, gatal-gatal dan ruam yang muncul semakin parah,merasa  dan akhirnya terungkap bahwa ia menderita autoimun. Hal itupun juga membuatnya down lantaran ia sudah mengonsumsi berbagai obat, namun tidak kunjung sembuh.

4. Qory Sandioriva

Aktris, model, serta mantan Puteri Indonesia 2009 ini juga salah satu di antara para selebriti yang mengidap autoimun. Di kutip dari liptan6.com, Qory Sandioriva mengidap penyakit autoimun sjorgen's syndrome dan lupus sejak usianya yang baru 16 tahun

Sjorgen's syndrome itu sendiri merupakan gangguan sistem kekebalan tubuh yang ditandai dengan mata kering dan mulut kering. Gangguan ini umumnya akan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehatnya sendiri yang menghasilkan air liur dan air mata. 

Tak selesai sampai situ, Sindrom Sjogren sering terjadi dengan gangguan lain seperti itu, seperti rheumatoid arthritis dan lupus. Hal itupun juga terjadi kepada Qory bahwa ia juga menderita penyakit Lupus.

5. Ega Olivia

Aktris pemeran film CATATAN AKHIR SEKOLAH ini merupakan penyintas penyakit autoimun jenis lupus seperti yang dilansir oleh liputan6.com. Lupus sendiri merupakan radang kronis yang disebabkan oleh sistem imun yang mengalami malfungsi.

Dikutip dari artikel yang sama, Ega Oliva mengatakan bahwa ia baru menyadari penyakitnya pada saat usianya yang ke 30 tahun. Ia mengalami kejang-kejang dan sempat mengalami kelumpuhan, yang mengakibatkan ia harus menjalani perawatan intensif.

6. Cita Citata

Penyanyi pelantun lagu Goyang Dumang, Cita Citata juga mengidap penyakit autoimun. Seperti yang dilansir dari merdeka.com, Cita Citata mengaku di diagnosis mengidap autoimun.

"Iya kadang kalau kecapekan itu langsung merah-merah. Kalau aku merah-merah di pipi di mana aja, kalau sering liat aku lagi merah-merah itu salah satu gejala autoimun kaya alergi," kata Cita Citata dikutip dari merdeka.com.

Penulis: Munada Choirunnisa

Editor:   Editor KapanLagi.com