Megah, Opening SEA Games 2011 Tetap Dikritik

Arai Amelya | 11 November 2011, 22:22 WIB
Megah, Opening SEA Games 2011 Tetap Dikritik
Kapanlagi.com - Upacara pembukaan ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2011 berlangsung di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sports City, Jumat (11/11) malam di Palembang dengan spektakuler.

Upacara pembukaan dibuka dengan parade kembang api dan tatanan lighting serta efek komputer yang sangat luar biasa yang memantul di white screen yang dipasang di areal rerumputan stadion Jakabaring tepat pukul 19.00.

Pertunjukan yang diawali oleh Heart of the City itu dilanjutkan dengan penampilan kebudayaan Sumatera Selatan, yakni Sriwijaya: the Golden Peninsula yang menceritakan sejarah kerajaan Sriwijaya. Acara yang dipandu oleh MC papan atas Tantowi Yahya dan Tia Diran itu dilanjutkan oleh penampilan tiga Diva Asia yakni Agnes Monica, KC Conception (Filipina) dan Jacklyn Victor (Malaysia) dengan membawakan lagu resmi SEA Games 2011, Together we will Shine dengan luar biasa. Meskipun suara mic KC dan Victor sempat kalah dengan power mic Agnes.

Setelah parade para atlet dari 11 negara peserta, sambutan dilakukan oleh ketua umum Inasoc, Rita Subowo, Menpora Andi Mallarangeng serta presiden SBY yang resmi membuka SEA Games 2011. Namun acara sambutan itu sempat ternoda dengan turunnya hujan yang cukup deras di Palembang dan permasalahan teknis, sound system yang bermasalah.

Bendera SEA Games 2011 dibawa oleh empat mantan atlet nasional, yakni Robby Darwis (sepakbola), Richard Sambera (renang), Ema Tahapan (atletik), dan Pino Bahari (tinju).

Sementara itu pasangan mantan atlet lainnya mendapatkan kehormatan membawakan obor SEA Games 2011 secara estafet seperti Abbas Akbar-Nurfitriyana (pencak silat-panahan), Hasan Basri (karate)-Merry Monim, Purnomo-Nanik J Soewadji (atletik-renang), dan Alan Budikusuma-Yayuk Basuki (badminton-tenis). Judika hadir di sela-sela acara tersebut untuk menampilkan suara emasnya.

Peraih medali emas Olimpiade 1992, juara dunia 1993, juara All England 4 ali dan juara SEA Games 5 kali, Susi Susanti, mendapatkan kehormatan menyalakan kaldron api SEA Games 2011 secara akrobatik sambil terbang. Meskipun di puncak kaldron, Susi sempat tidak tepat sasaran melempar tombak penyulutnya.

Pesta kembang api tampil luar biasa sebagai penutup. Tidak heran karena kembang api tersebut sempat dipakai pada Asean Games di Doha Qatar dan Olimpiade Beijing 2008 lalu. Di sela-selanya lagu ciptaan presiden SBY, United and Rising dibawakan apik oleh Joy Tobing.

Terlepas dari kelemahan panitia penyelenggara dan komentar bernada negatif yang beredar di dunia maya, sebagai bangsa Indonesia kita harus tetap mendukung para atlet yang akan berjuang. Selamat bertanding atlet Indonesia! semoga bisa menjadi juara umum. Kita bisa! Indonesia Bisa!  

SEPERTI SEMANGAT SEA GAMES, SELEB-SELEB INI HOBI NGGAK SIH OLAHRAGA? (kpl/aia)

Editor:  

Arai Amelya