Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Menangis Sedih, Salmafina Ungkap Hal yang Bikin Dirinya Marah Saat Ayah dan Ibunya Disebut Gagal Mendidik Anak

Selasa, 05 Juli 2022 21:40 WIB
Menangis Sedih, Salmafina Ungkap Hal yang Bikin Dirinya Marah Saat Ayah dan Ibunya Disebut Gagal Mendidik Anak
Salmafina Sunan - Sunan Kalijaga ©instagram.com/salmafinasunan

Kapanlagi.com - Setelah sekian lama, nama Salmafina Sunan kembali menjadi bahan perbincangan gara-gara postingan terbarunya di Instagram. Putri pengacara kondang Sunan Kalijaga itu baru saja keluar dari gereja lamanya, karena memutuskan untuk pulang ke Jakarta.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Salmafina Sunan juga menjadi bintang tamu dalam acara podcast Melaney Ricardo di YouTube. Di sanalah ia buka-bukaan soal keputusannya untuk pulang ke Jakarta, begitu pula dengan berbagai masalah yang menimpanya saat berpindah keyakinan.

Mengambil berbagai keputusan besar saat usianya masih sangat muda, Salmafina mengaku merasa damai dan tenang. Namun masih ada hal yang mengganjal dalam dirinya, membuatnya marah dengan pendapat orang lain tentang kedua orangtuanya.

1. Hal yang Membuat Salmafina Marah

Gambar

"Di momen akhirnya ada hal besar dalam hidup kamu, of course dua orang yang paling berpengaruh pastinya ayah dan ibu. Gimana? Bagaimana orangtua kamu merespon hal itu?" tanya Melaney Ricardo.

Tak kuasa menahan tangisnya, Salmafina Sunan pun menjawab, "Satu hal yang orang-orang nggak tahu, ini juga sih sebenarnya ini sedih banget. Karena aku tuh marah kalau misalnya orang tuh bilang ibu sama ayah tuh gagal gitu lho kak Melaney. Kayak mereka adalah orangtua yang luar biasa. Hati mereka itu luas, banget. And I bless them for that."

2. Pesan dari Ibu Salmafina

"Hati mereka luas banget, dan itu yang oh my God, hati mereka udah nggak usah diomongin deh. Karena itu kan beruntun kan, jeder jeder jeder. That's why I'm saying, hati mereka itu luas banget, dan Tuhan tahu porsinya mereka itu semana. Jadi mereka masih bisa berdiri untuk kuatin aku, untuk menerima, untuk semuanya" lanjutnya.

Salmafina pun menyampaikan seperti apa nasihat yang diberikan sang ibu untuknya. Heidy Sunan rupanya selalu mengajarkan untuk selalu bertanggung-jawab atas aksi maupun keputusan yang diambilnya.

"'Pokoknya kakak harus bertanggung-jawab, apapun itu pilihan hidup kakak, bertanggung jawab ya. Bukannya nanti kalau kamu kesandung nggak boleh ngadu, tapi ketika kesandung, nggak papa, ngomong. Obatin sendiri ya, mungkin aku akan kasih tahu obatnya apa, tapi obatin sendiri. Jadi, konsekuensi apapun dalam hidup kamu, yang kamu tanggung setelah melakukan sesuatu, keputusan besar, lakuin," tutur Salmafina mengenang nasihat dari ibunya.

3. Tentang Hubungan dengan Sunan Kalijaga

Saat ditanya bagaimana hubungannya dengan sang ayah, Salmafina mengaku kalau semuanya sudah baik-baik saja. Ia justru senang karena Sunan Kalijaga mau menerima semua keputusannya, dan mereka kini jadi sangat dekat.

"Baik banget, luar biasa banget sih. Malah I feel like sekarang sudah nggak ada gap, gitu. Kalau dulu kan ngerasa ada gap kan, sekarang udah nggak ada," pungkasnya.