Mengenal Diwan, Sosok di Balik Video 'Beli Ikan Cupang' yang Viral

Guntur Merdekawan | Senin, 24 Juni 2019 20:35 WIB
Mengenal Diwan, Sosok di Balik Video 'Beli Ikan Cupang' yang Viral

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu, halaman trending Youtube sempat menghadirkan sebuah tanda tanya besar. Biasanya nih, video yang mengisi daftar trending itu nggak jauh-jauh seputar prank, grebek rumah, beli sesuatu habis jutaan rupiah, kisah mualaf, atau aksi sosial yang mengharukan. Tapi kali ini tidak!

Diwan Beli Ikan Cupang adalah video yang sempat menempati urutan teratas daftar trending Youtube. Melihat judulnya saja, warganet pun terheran-heran, apa yang menarik dari konten postingan akun fikrifadlu itu sehingga bisa masuk dalam daftar trending. Jadi yang teratas pula.

Dan setelah ditonton, memang videonya literally menunjukkan sosok anak kecil bernama Diwan yang sedang beli ikan cupang. Setelah itu, Diwan dan kakaknya yang bernama Fadlu pulang beli rujak. Ya, sesederhana itu.

Nah, pertanyaannya. Who on earth is Diwan?! Kenapa aksi beli ikan cupang yang dilakukannya bisa begitu viral?!

1 dari 4 halaman

1. Diwan dan Fadlu

Diwan dan Fadlu © Instagram/fikrifadlu
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Muhammad Diwan Al Fariz atau akrab disapa Diwan, adalah seorang anak cowok berusia belasan tahun. Tak sendirian, dalam setiap videonya, Ia selalu muncul bersama sang kakak, Fikri Fadlu.

Awalnya, mereka populer di Instagram karena kolaborasinya di Vidgram atau Instagram. Cerita-cerita seputar kakak dan adik cowok yang mereka gambarkan rupanya memikat hati para warganet karena lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Setelah jadi viral di Vidgram, Diwan dan Fadlu pun melebarkan sayapnya ke dunia Youtube. Mereka mulai aktif mengunggah video sejak tahun 2017 silam. Dan hingga saat ini sudah ada puluhan video yang bisa kalian tonton pada channel mereka.

2 dari 4 halaman

2. Selalu Viral

Selalu Viral © Youtube/fikrifadlu
Dari penelusuran KapanLagi.com®, video-video postingan fikrifadlu yang menggunakan keyword judul 'Diwan', jumlah views-nya tidak pernah di bawah 1 juta. Padahal, judul yang dipilih juga begitu sederhana, seperti Diwan Minta SepedaDiwan Pengen Main Game, Diwan Ngambek dan sejenisnya.

Bahkan, salah satu videonya yang bertajuk Diwan Makan Bakso hingga berita ini diturunkan sudah menjaring views sebesar 52 juta! Jika ditonton pun sama sekali tak ada clickbait, memang konten-nya menceritakan sosok Diwan yang sedang makan bakso. Tidak ada efek-efek video yang wow juga di dalamnya. Sungguh sederhana.

3 dari 4 halaman

3. Kenapa Bisa Viral?

Kenapa Bisa Viral? © Youtube/fikrifadlu
Pertanyaan selanjutnya, kenapa konten-konten super sederhana ala Diwan selalu sukses menarik perhatian warganet? Bahkan seorang Baim Wong pun juga dibuat kebingungan melihat fenomena ini loh!

"Kadang aku pusing 'mikir' konten. Kamu beli ikan cupang trending nomor 1. Besok aku janji beli ikan CUPANG. Aku bersumpah akan upload besok ketika aku beli cupang.. Diwan, Salam kenal," tulis Baim di kolom komentar video Diwan Beli Cupang.

Nah, salah satu jawaban yang paling masuk akal mengenai alasan viralnya Diwan adalah karena kesederhanaan yang ditampilkan. Seperti diketahui, saat ini kebanyakan konten-konten Youtube selalu berisi hal-hal yang berbau 'drama' atau sekedar pamer kekayaan dan sebagainya.

Mungkin saja para penonton Diwan adalah mereka-mereka yang sudah lelah dengan drama-drama Youtube zaman now, dan butuh sebuah pelarian untuk nonton hal-hal receh yang lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Dan terlepas dari itu, akting dari Diwan dan Fadlu memang harus diacungi jempol kok. Sebagai kakak-beradik, mereka begitu kompak dan konsisten dalam berkarya.

Apa pendapat KLovers mengenai fenomena Diwan ini? Tulis komentarmu ya!

4 dari 4 halaman

4. Simak Videonya!

Video by: fikrifadlu

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

↑