Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Mengenal Zahra Nur, Member JKT48 yang Juga Keponakan dari Dara The Virgin

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 19 Agustus 2021 14:37 WIB
Mengenal Zahra Nur, Member JKT48 yang Juga Keponakan dari Dara The Virgin
Zahra Nur Khaulah (Credit: instagram.com/jkt48.ara)

Kapanlagi.com - Mungkin belum banyak yang tahu tentang Zahra JKT 48. Zahra Nur Khaulah atau dikenal dengan sebutan Ara JKT48 merupakan salah satu member JKT48 yang bergabung pada tahun 2019 dan dipromosikan pada tahun 2020. Zahra atau Ara sendiri merupakan gadis kelahiran 2003 yang berasal dari Garut, Jawa Barat.

Selain itu, ternyata Ara JKT48 ini merupakan keponakan dari Dara The Virgin. Penyanyi yang dulu dikenal publik melalui grup vokal The Virgin yang terkenal lewat lagunya Cinta Terlarang pada tahun 2009. Ternyata, walau tak eksis lagi sebagai penyanyi, keponakan Dara, Zahra Nur Khaulah ini mengikuti jejaknya untuk terjun ke industri musik Indonesia dan bergabung bersama JKT48 dan masuk sebagai anggota JKT 48 generasi ke-8.

Berikut 6 fakta menarik tentang Zahra JKT48 sepupu dari Dara The Virgin yang harus kamu ketahui.

1. Bergabung Dengan JKT48 di Usia belia

Gambar

Zahra atau Ara JKT48 lahir pada tanggal 5 Agustus 2003 di Purwokerto. 2019 ia memutuskan untuk bergabung dengan JKT48 yang waktu itu usianya masih akan menginjak 16 tahun. Di usianya yang masih begitu muda itu ia bergabung dengan JKT48 dan masuk ke dalam Academy Class B Student.

Barulah pada bulan Mei 2019 Zahra dipromosikan untuk masuk ke Academy Class A. Fakta menariknya adalah ia bergabung dengan Class B pada tanggal 27 April 2019 lalu sebulan kemudian ia dipromosikan untuk naik ke Class A pada tanggal 26 Mei 2019.

2. Anggota JKT48 Generasi Ke-8

Gambar

Bergabung dengan JKT48 pada tahun 2019, Zahra merupakan anggota JKT generasi ke-8. Walaupun begitu, Zahra baru dipromosikan kepada publik pada tahun 2020 lewat team KIII. Barulah pada tahun 2021 tepatnya pada tanggal 12 Maret 2021 Zahra ditransfer ke grup JKT48 untuk formasi baru.

Terhitung masih baru Zahra juga baru berpartisipasi dalam satu single lagu dan satu album JKT48. Walaupun hanya berpartisipasi dalam masing-masing satu single dan satu album, tetapi gadis yang bergabung pada tahun 2019 ini sudah bergabung dalam 7 stage unit.

3. Berpartisipasi dalam single Darashinai Aishikata atau Cara Ceroboh untuk Mencintai

Gambar

Darashinai Aishikata atau Cara Ceroboh untuk Mencintai adalah lagu yang baru dirilis pada tanggal 16 Maret 2021 ini merupakan single ke-22 JKT48. Sejauh ini Zahra Nur baru berpartisipasi dalam satu single JKT48 yaitu Darashinai Aishikata atau Cara Ceroboh untuk Mencintai selama ia berkarir di JKT48.

Lagu bergenre J-pop yang memiliki beat cepat ini merupakan lagu yang bercerita tentang sebuah perspektif baru seseorang untuk mencintai. Yang mana lagu tersebut memberikan gambaran atau sisi lain dari sebuah cinta.

4. Bergabung Dalam 7 Unit Stage

Gambar

Walaupun baru dipromosikan pada tahun 2020, Zahra JKT48 telah memiliki berpartisipasi dalam 7 unit stage yaitu ACA1 (Pajama Drive), KIII4 (Saka Agari), ACA2 (Boku no Taiyou), KIII5 (Ramune no Nomikata), JKT1 (Renai Kinshi Jourei), JKT2 (Seishun Girls), dan JKT3 (Seifuku no Me).

Selain itu fakta menarik dari 7 unit stage ini adalah Zahra pernah menjadi seorang center dalam unit ACA1 yang menampilkan dua lagu yaitu Pajama Drive dan Kagami no Naka no Jean Da Arc, di mana ia menjadi seorang center di 2 lagu tersebut.

5. Anggota eSport Player of Valkyrie48

Gambar

Selain bernyanyi, Zahra juga memiliki hobi, salah satunya adalah bermain game. Karena hobinya tersebut Zahra JKT48 termasuk dalam anggota Valkyrie48, yaitu grup yang dibentuk untuk tim esports yaitu tim yang dibentuk untuk kompetisi permainan video yang biasanya diisi oleh orang-orang profesional dan Zahra Nur termasuk ke dalam Anggota Valkyrie48, tim esports untuk JKT48.

Tim Valkyrie48 sendiri sudah berdiri sejak tahun 2018 dan pertama kali diumumkan pada acara Legion of Champion III Indonesia Final dan semua member Valkyrie48 sendiri berasal dari anggota JKT48.

6. Terjerat Skandal Foto Dengan Seorang Anggota Boyband

Gambar

Dengan banyak prestasi yang dicapai, ternyata Zahra Nur sempat tersandung masalah karena berswafoto dengan seorang pria yang mana hal tersebut merupakan pelanggaran untuk seorang idol. Beberapa waktu lalu Zahra sempat menghebohkan penggemar dengan fotonya bersama seorang pria yang diunggah oleh akun anonim. Foto tersebut tentunya mengundang banyak perhatian dan pertanyaan mengenai integritas Zahra sebagai seorang Idol.

Ramai jadi bahan perbincangan, Zahra akhirnya memutuskan untuk membuat klarifikasi melalui akun twitternya @N_AraJKT48. Ia membenarkan mengenai foto yang digadang-gadang sebagai dirinya itu dan menjelaskan bahwa hubungannya dengan anggota boyband hanyalah sebatas seorang teman.

"Mengenai foto yang beredar sejak 2 hari yang lalu, aku sudah dipanggil oleh pihak manajemen dan telah menjelaskan hal tersebut. Benar bahwa yang ada di foto itu adalah aku. Akan tetapi, aku tidak memiliki hubungan dekat dengan anggota boyband yang ada di foto itu. Tetapi aku memang kenal dan berteman dengan salah satu anggota boyband yang bukan ada di foto," tulis Zahra.

"Saat itu aku sedang ada di dekat tempat mereka berkegiatan, bertemu dengan salah satu dari mereka dan mengambil foto. Sebenarnya tempat itu juga ada beberapa orang lain, tidak hanya kami berdua. Tetapi di sana aku mengambil foto yang memicu kesalahpahaman dan spekulasi dari banyak pihak. Hal ini juga menyusahkan para fans dan member lain. Untuk itu aku mengaku salah dan minta maaf yang sebesar-besarnya," sambungnya.

7. Ditangguhkan Untuk Sementara Waktu

Gara-gara insiden tersebut, pihak JKT48 pun akhirnya harus turun tangan dan buka suara. Mereka mengambil keputusan untuk menangguhkan seluruh aktivitas Zahra Nur sebagai member JKT48 sampai agustus 2021 mendatang. Gara-gara itu, beberapa aktivitas Zahra pun akhirnya harus dibatalkan.

"Terima kasih banyak atas dukungannya untuk JKT48. Terkait foto Zahra Nur yang beredar di sosial media beberapa hari  lalu, yang bersangkutan telah menjelaskan yang terjadi kepada manajemen. Setelah mendengarkan hal tersebut, kurangnya kesadaran diri Zahra Nur sebagai member JKT48 telah mengakibatkan kesalahpahaman yang pada akhirnya membuat banyak pihak terganggu dan kecewa," tulis operational team JKT48 pada situs resminya.
 
"Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menangguhkan aktivitas Zahra Nur sebagai member JKT48 sampai dengan akhir Agustus 2021. Dengan ini, kami harap yang bersangkutan bisa melakukan introspeksi dan beraktivitas dengan kesadaran dan rasa tanggung jawab yang sepantasnya. Dengan demikian, video call Ara yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 15,16, dan 21 Agustus 2021 dibatalkan. Pengumuman mengenai penggantian video call ini akan kami umumkan lebih lanjut," tutup tulisan tersebut.

Ditulis oleh: Siti Radibah Imatufariq



Editor:   Editor KapanLagi.com