Mengenang Sosok Pangeran Philip, Ikon Fashion yang Jadi Inspirasi Gaya Busana 'Smart Casual'

Jum'at, 09 April 2021 19:35 WIB
Mengenang Sosok Pangeran Philip, Ikon Fashion yang Jadi Inspirasi Gaya Busana 'Smart Casual'
AFP

Kapanlagi.com - Kerajaan Inggris kini tengah berduka. Pangeran Philip, suami dari Ratu Elizabeth II, menghembuskan napas terakhirnya di usia 99 tahun. Beliau tutup usia pada Jumat (9/4/2021).

Sejak beberapa bulan lalu, ayah dari Pangeran Charles ini memang sudah bolak-balik rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Bahkan pada Februari lalu, dirinya sempat menjalani prosedur operasi jantung di rumah sakit khusus perawatan jantung, St. Bartholomew's, London, Inggris.

1. Ikon Fesyen

Tentu saja ada banyak memori yang tak akan terlupa tentang dirinya. Salah satunya adalah bagaimana Duke of Edinburgh menjelma jadi ikon fesyen.

Dilansir Esquire, Pangeran Philip memiliki pakem berpakaian dengan "benar dan menahan diri," juga pentingnya untuk terlihat nyaman. Ini berlaku untuk setelan klasiknya, yang dibuat penjahit Savile Row, John Kent, dan sama relevannya sekarang seperti di tahun 1950-an.

2. Bergaya Santai

Gaya personal Pangeran Philip selalu terkesan lebih santai. Kombinasi busananya dari satu dekade ke dekade lain inilah yang kemudian memunculkan istilah smart-casual dewasa ini.

Pangeran Philip meninggal dunia di usia 99 tahun, hanya berjarak 2 bulan sebelum perayaan ulang tahunnya yang ke-100 pada 10 Juni mendatang. Berdasarkan pengumuman yang dirilis, Pangeran Philip telah meninggal dengan tenang di kediamannya yang terletak di Windsor Castle. Rest in peace Pangeran Phillip!