Menyerahkan Diri, Mandala Shoji Langsung Ditahan di Rutan Salemba

Wulan Noviarina Anggraini | Jum'at, 08 Februari 2019 22:05 WIB
Menyerahkan Diri, Mandala Shoji Langsung Ditahan di Rutan Salemba

Kapanlagi.com - Reporter: Liputan6.com/Nafisyul Qodar

Setelah beberapa hari tidak diketahui keberadaannya dan disebut-sebut jadi buronan, akhirnya Mandala Shoji menyerahkan diri ke Kejaksaan. Sebelumnya, Mandala telah ditetapkan sebagai terdakwa atas kasus pelanggaran kampanye yang ia lakukan beberapa waktu lalu.

Kabar menyerahnya Mandala ini dibeberkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Kuntadi. Sang Kejari pun memberi apresiasi pada sikap gentle Mandala yang datang tanpa harus dijemput paksa.

"Hari ini yang bersangkutan secara gentle dan kita apresiasi langkahnya menyerahkan diri dan tadi langsung kita kirim ke LP Salemba untuk pidananya selama tiga bulan," ujar Kuntadi ketika ditemui di kantornya, kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/2).

1 dari 2 halaman

1. Seharusnya Masuk Tahanan Sejak Akhir Januari

Seharusnya Masuk Tahanan Sejak Akhir Januari © KapanLagi.com/VJ Lolo
Setelah menjalani sidang dan ditetapkan sebagai terdakwa oleh Pengadilan Negeri Jakarta, seharusnya Mandala mulai menjalani masa hukumannya sejak 21 Januari 2019. Namun ia mangkir dari tahanan dan tidak bisa dihubungi siapapun.

Sementara itu, rekan Mandala sesama caleg dari PAN, sudah menyerahkan diri dan ditahan di Rutan Pondok Bambu. Kala itu, hilangnya Mandala disebut-sebut sebagai langkah melarikan diri dari hukuman dan ia disebut sebagai buron.

Namun hal itu dibantah oleh Kejari, yang menyatakan bahwa presenter acara Termehek-Mehek itu bukan buronan. Kejari juga tidak memasukkan Mandala dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Karena ini pelanggaran pidana pemilu. Pada prinsipnya kita kedepankan persuasif. Masih dalam tahap imbauan (memenuhi panggilan Jaksa). Tapi kalau memang batas imbauan nggak dipenuhi, pasti langsung kita ambil langkah-langkah," ujarnya.
2 dari 2 halaman

2. Dicoret Dari Daftar Caleg

Karena pelanggaran pemilu yang membuatnya dijebloskan ke dalam penjara, Mandala Shoji tidak hanya dapat hukuman dari Pengadilan. Partai Amanat Nasional (PAN) juga memberinya hukuman.

Saat ini, nama Mandala Shoji sudah dicoret dari daftar calon anggota legislatif. Nantinya, namanya akan diumumkan sebagai calon yang tidak boleh dipilih dalam pemilu 2019.

(kpl/lip/phi)


↑