Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Merugi Senilai Rp 17 Miliar, Nirina Zubir Sebut Riri Khasmita Ingin Menyicil Utang Terkait Kasus Tanah Milik Almarhumah Ibunya

Kamis, 02 Desember 2021 20:30 WIB
Merugi Senilai Rp 17 Miliar, Nirina Zubir Sebut Riri Khasmita Ingin Menyicil Utang Terkait Kasus Tanah Milik Almarhumah Ibunya
Nirina Zubir sebut Riri Kasmita ingin menyicil utangnya Ā©KapanLagi.comĀ®/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Nirina Zubir mengaku merugi belasan miliar karena jadi korban mafia tanah yang menyeret mantan asisten almarhumah ibunda bernama Riri Khasmita. Tak tanggung-tangung kerugian yang Nirina Zubir alami mencapai angka Rp 17 miliar.

Setelah itu, pastinya Riri Khasmita dianggap memiliki utang kepada keluarga Nirina Zubir dengan jumlah yang sama. Istri dari Ernest Cokelat itu mengatakan bahwa Riri Khasmita sempat ingin melunasi utang tersebut, namun caranya membuat Nirina agak ragu karena Riri berniat melunasi utang tersebut dengan cara dicicil sebesar Rp 2 juta per bulan.

"Nih kita pakai logika aja sih, utangnya segitu nih, angkanya udah tahu berapa kan? Katanya mau nyicil perbulannya 2 juta rupiah. Gimana ya," ungkap Nirina Zubir saat ditemui di kawasan Petamburan, Jakarta Barat, belum lama ini.

1. Saat Mediasi Nirina Tidak Didampingi Pengacara

Gambar

Nirina Zubir pun menyebut kan kalau solusi ini ditawarkan pihak Riri Khasmita ketika melakukan mediasi dengan keluarganya. Kala itu, pihak Nirina hanya didampingi oleh beberapa rekan yang paham soal hukum, bukan pengacara.

"Itu pun hanya pas lagi sebelum kita menggunakan lawyer, bener-bener pas ada keluarga kita nanya bagaimana. Kalau pun ada pendamping, ada temen kakak saya yang mengerti hukum gitu kan," ujarnya.

2. Baru Bayar Cicilan Sekali

Gambar

Selain itu, Nirina mengatakan kalau Riri sempat menyicil utangnya sebesar Rp 2 juta per bulan, tapi menurutnya, mantan ART-nya itu hanya melakukannya sekali saja.

Kasus mafia tanah yang menimpa keluarga Nirina Zubir berawal saat sang bunda, Cut Indria Marzuki menyuruh Riri yang kala itu masih bekerja sebagai asisten pribadi mengurus sertifikat enam tanah miliknya. Tanpa sepengetahuan keluarga Nirina, Riri menerima uang hasil penjuatan tanah.

3. Soal Tuduhan Menyekap ART-nya Secara Paksa

Gambar

Di kesempatan yang sama, Nirina juga membantah tuduhan telah menyekap Riri di salah satu kamar kos milik almarhumah ibunya, Cut Indria Martini. Menurutnya, hal tersebut adalah tuduhan yang tak masuk akal.

"Lagi-lagi saya bilang, yuk kita pakai logika aja. Di mana letak penyekapan kalau seseorang bisa keluar masuk dengan bebasnya," ungkap Nirina Zubir saat ditemui di kawasan Petamburan, Jakarta Barat belum lama ini.

4. Nirina Tegaskan Tak Pernah Batasi Kegiatan Riri

Gambar

Nirina Zubir juga memastikan Riri Khasmita bisa dengan leluasa memantau tokonya di luar rumah. Oleh karena itu, Nirina mempertanyakan tuduhan tersebut.

 "Jadi setiap hari, dia bisa cek ke lima cabang frozen food. Nah itu, gimana caranya kalau dia disekap," tukasnya.

5. Riri Jalani Pemeriksaan di Polda Metro Jaya

Gambar

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Barat sudah mengambil keterangan dari Riri Khasmita, asisten rumah tangga (ART) dari Cut Indria Martini, yang merupakan ibu dari artis Nirina Zubir, pada Kamis (25/11). Pemeriksaan terhadap Riri Khasmita berlangsung di Polda Metro Jaya. Sebab, Riri masih menjadi tahanan Polda Metro Jaya karena kasus dugaan menggelapkan aset tanah milik ibu Nirina Zubir.