Misi Menyelamatkan Bumi, Gigi Serukan Pentingnya Aksi Penghijauan

Guntur Merdekawan | Jum'at, 07 Desember 2018 19:35 WIB
Misi Menyelamatkan Bumi, Gigi Serukan Pentingnya Aksi Penghijauan

Kapanlagi.com - Band Gigi ditunjuk untuk jadi duta lingkungan Djarum Trees For Life (DTFL), sebuah movement penghijauan yang dicanangkan oleh Djarum Foundation sejak 3 tahun terakhir. Tahun ini, agenda DTFL adalah menanam 8.400 Pohon Trembesi sepanjang 70 kilometer di sepanjang ruas tol Jawa Timur.

Armand Maulana, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan dan Gusti Hendy selaku personel Gigi pun turut hadir di seremoni penanaman yang diadakan di Alun-alun Sidoarjo, Rabu (5/12). Armand sang frontman menyerukan betapa pentingnya penghijauan untuk mencegah pemanasan global. Ia juga tak lupa memberikan apresiasi untuk Kepala Daerah yang telah berlomba-lomba membangun taman kota.

"Sekarang kita dipilih jadi duta lingkungan DTFL ya Alhamdulillah. Penanaman pohon itu sangat penting, kalau hutan sudah banyak ditebangi, ya sekarang kita tanam pohon di kota. Banyak kepala daerah yang punya inovasi untuk membangun taman kota harus kita apresiasi. Mereka berlomba untuk membangun kota dengan tidak lupakan penghijauan," ujar Armand di sela-sela acara.

1 dari 3 halaman

1. Pencegahan Terhadap Bencana

Pencegahan Terhadap Bencana Gigi dukung gerakan DTFL / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya
Armand CS juga menyerukan agar para penggemarnya, pun seluruh warga Indonesia agar lebih peduli lingkungan dengan melakukan hal-hal kecil. Semakin banyak yang punya inisiatif untuk melakukan penghijauan, maka semakin besar pula kemungkinan bumi akan terselamatkan dari bencana yang tak diinginkan.

"Gimana caranya agar fans Gigi ini mengikuti untuk peduli lingkungan. Itu bisa dilakukan dari hal-hal keci. Salah satunya dengan tindakan nyata menanam pohon. Kita seperti memperpanjang napas anak cucu kita nanti. Kita memberikan cadangan oksigen bagi kelangsungan hidup manusia. Setidaknya dengan menanam pohon sudah membantu bumi menjadi lebih hijau. Satu orang, satu pohon saja. Untuk anak cucu kita nanti," sambung suami Dewi Gita itu.

"Kalau bukan kita yang memulai, lantas siapa yang akan memulai? Jangan tunggu sampai hal-hal yang tidak baik (bencana) menimpa bumi kita, karena hanya segelintir orang yang benar-benar peduli dengan gerakan atau aksi nyata penghijauan. Sekarang banyak kejadian alam yang terjadi karena manusianya yang tidak mencintai alam itu sendiri. Kita terhubung dengan alam, kita harus merawatnya." tambah Thomas.
2 dari 3 halaman

2. Lakukan Aksi Nyata

Lakukan Aksi Nyata Gigi dukung gerakan DTFL / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya
Dewa Budjana, sang gitaris juga berpendapat serupa dengan rekan-rekannya mengenai pentingnya usaha bahu-membahu untuk menjaga lingkungan. Ia berharap agar publik mau melakukan tindak nyata untuk melakukan penghijauan, daripada sekedar menyerukan ungkapan Go Green.

"Ayo kita lebih peduli dari sekadar seruan Go Green. Dengan kami menjalani seperti ini, pasti fans akan ikutin." ujar Dewa Budjana.

 

3 dari 3 halaman

3. Juga Dihadiri Tasya Kamila

Juga Dihadiri Tasya Kamila Tasya Kamila dukung gerakan DTFL / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya
Sejak tahun 2015 silam, Djarum Foundation terus melakukan aksi penghijauan dengan menanam Pohon Trembesi di berbagai lokasi melalui gerakan Djarum Trees For Life Trans Jawa. Tahun ini, gerakan mereka didukung oleh sejumlah artis Ibukota seperti band Gigi dan juga artis cantik Tasya Kamila.

Tasya mengaku sangat senang karena diundang untuk hadir di event yang sangat bermanfaat untuk kebaikan lingkungan. Pelantun Anak Gembala itu juga sangat mengapresiasi usaha Djarum Foundation untuk melawan pemanasan global lewat program DTFL.

"Duta lingkungan itu memang sudah dari 2005-2006. Nah kali ini saya diundang lagi oleh Djarum Foundation untuk ikut menyaksikan penanaman trembesi di kabupaten Sidoarjo dan aku apresiasi kepada DF karena sudah berkomitmen untuk melakukan penanaman pohon di seluruh Indonesia. Aku sangat mengapresiasi Djarum Foundation atas komitmennya untuk menghijaukan Indonesia menanam pohon dari seluruh Indonesia termasuk di Sidoarjo," ujar Tasya ketika ditemui di alun-alun Sidoarjo, Rabu (5/12).

(kpl/gtr)


↑