Mobil Lamborghini Milik Raffi Ahmad Terbakar, Bagaimana dengan Klaim Asuransinya?

Rahmi Safitri | Senin, 21 Oktober 2019 15:30 WIB
Mobil Lamborghini Milik Raffi Ahmad Terbakar, Bagaimana dengan Klaim Asuransinya?

Kapanlagi.com - Nama Raffi Ahmad kembali menjadi perbincangan. Ini setelah salah satu mobilnya, Lamborghini Aventador yang sudah dimodifikasi ala Batman, terbakar di kawasan Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/10/2019). Untungnya Raffi maupun sang sopir yang kebetulan membawa mobil tersebut sebelum terbakar, tidak apa-apa.

Meski begitu, Raffi ternyata sempat syok dan bingung karena ia yakin uang yang dikeluarkannya untuk memperbaiki mobilnya tidak sedikit. Dalam video Youtube yang diunggah pada hari Minggu (20/10/2019), Raffi tetap bersyukur saat istrinya, Nagita Slavina, berterima kasih sang suami tak apa-apa dan hanya mobil mereka yang terbakar. 

Ngomong-ngomong mobil terbakar yang dialami oleh Lamborghini milik Raffi ini kira-kira bisa dapat klaim asuransi nggak ya? Liputan6.com punya jawaban buat yang kepo dengan masalah ini.

1 dari 3 halaman

1. Harus Lapor Jika Dimodifikasi

Menurut Communication & Event Manager PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto), Laurentius Iwan Pranoto, pada dasarnya mobil terbakar bisa mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi karena hal itu tertuang dalam polis standar asuransi kendaraan bermotor Indonesia pasal 1 soal Jaminan Terhadap Kendaraan Bermotor No 1 bagian 1.4. Namun ada tapinya nih.

"Jadi waktu masang aksesoris itu kamu harus lapor ke asuransi. Kalau tidak lapor, asuransi tidak mengerti apa yang telah diubah. Kalau lapor itu akan di-cover. Intinya pasang apapun (modifikasi) harus lapor, biar pun itu hanya kaca film, karena itu sudah merubah spek," jelas Iwan.

2 dari 3 halaman

2. Bisa Gugur Jika...

Bisa Gugur Jika... Credit: Instagram/raffinagita1717
Bukan cuma soal modifikasi saja. Mobil terbakar bisa dapat klaim asuransi setelah dilihat dari penyebab masalahnya kenapa bisa terjadi kasus tersebut.

"Contohnya, kalau nyolok power bank, dan meledak (terbakar), itu tidak di-cover. Itu ada di Pasal 3 soal Pengecualian nomor 2, karena membawa sesuatu," kata Iwan.

3 dari 3 halaman

3. Tergantung Penyebab Kebakaran

Masih di pasal 3 no 2, disebutkan juga kalau pertanggungan (asuransi) tidak menjamin kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor maupun biaya yang langsung maupun tidak langsung jika disebabkan oleh barang dan atau hewan yang sedang berada di dalam, dimuat pada, ditumpuk di, dibongkar dari atau diangkut oleh kendaraan bermotor. Kedua, zat kimia, air atau benda cair lainnya, yang berada di dalam kendaraan bermotor.

"Kalau penyebabnya bencana alam bisa saja, tapi itu ada perluasan jaminan. Karena itu pelanggan harus baca polisnya. Intinya kalau ada perubahan harus lapor," pungkas Iwan.

Soal mobil Raffi ini, belum ada penjelasan dari pihak yang bersangkutan. Semoga saja Raffi sempat melaporkan modifikasinya ke pihak asuransi dan sebab kebakarannya bukan karena barang yang dibawa atau zat kimia.

Sumber: liputan6.com/Arief Aszhari

(kpl/lip/pit)


Editor:  

Rahmi Safitri

↑