Glenn Fredly Penyanyi Multitalenta dan Berbakat, Ini 11 Penghargaan Musik Bergengsi yang Pernah Diraih

Kamis, 09 April 2020 11:44 WIB
Glenn Fredly Penyanyi Multitalenta dan Berbakat, Ini 11 Penghargaan Musik Bergengsi yang Pernah Diraih

Kapanlagi.com - Kabar meninggalnya penyanyi multitalenta dan berbakat Glenn Fredly, tentunya mengejutkan banyak pihak. Kemarin, Rabu, (08/03/2020), pukul 18.47, Glenn menghembuskan napas terakhir di usia 44 tahun.

Pihak keluarga Glenn Fredly mengungkapkan jika penyebab meninggalnya Glenn akibat penyakit meningitis yang ia derita. Sebelumnya pihak keluarga juga menyebutkan kalau Glenn Fredly masih sanggup menjalani aktivitas seperti biasa, dan kondisinya menurun dalam tiga hari sebelum menghembuskan nafas terakhir.

Mengenai perjalanan karirnya, Glenn Fredly mengawali sejak tahun 1995 yang selanjutnya memutuskan untuk bersolo karir. Selama 25 tahun sejak berkarir di dunia musik tanah air, sederet penghargaan bergengsi pernah ia raih.

Ia memang dikenal sebagai penyanyi sekaligus musisi yang multitalenta dan berbakat. Hampir seluruh karya-karya Glenn sejak 25 tahun hingga sekarang populer di industri musik. Sebut saja lagu berjudul Kasih Putih, Januari, Terpesona, Adu Rayu dan masih banyak lagi.

Sebanyak kurang lebih 10 album dan 2 single di luar album rohani dan kompilasi telah Glenn nyanyikan dan buat. Lagu-lagunya memang lebih banyak mengandung makna kisah romansa yang bisa bikin pendengar hanyut dalam perasaan. Selain musik yang lembut, suara emas Glenn juga semakin membuat lagu yang ia nyanyikan menjadi hits dan meraih berbagai penghargaan.

Berikut 11 penghargaan musik bergengsi yang pernah diraih Glenn Fredly sejak awal berkarir sampai sekarang, dilansir dari berbagai sumber.

 

1 dari 8 halaman

1. Penghargaan AMI Award Lewat Lagu 'Kasih Putih' (2001)

Penghargaan AMI Award Lewat Lagu 'Kasih Putih' (2001) (credit: Instagram.com/glennfredly309/)
Lagu berjudul Kasih Putih yang masuk dalam album Kembali produksi tahun 2001, mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Melalui lagu ini Glenn Fredly mendapatkan penghargaan sebagai Artis Solo Pria R&B dan Karya Produksi Urban Terbaik.
2 dari 8 halaman

2. Penghargaan AMI Award Lewat Lagu 'Dibalas dengan Dusta' (2004)

Penghargaan AMI Award Lewat Lagu 'Dibalas dengan Dusta' (2004) (credit: Instagram.com/glennfredly309/)
Melalui lagu Dibalas dengan Dusta Glenn Fredly meraih penghargaan musik bergengsi di Indonesia dengan kategori Lagu Pop Terbaik. Lagu ini saat itu dipopulerkan oleh Audy Item.
3 dari 8 halaman

3. Penghargaan AMI Award Kategori Artis Solo Pria Pop Terbaik (2005)

Penghargaan AMI Award Kategori Artis Solo Pria Pop Terbaik (2005) (credit: Instagram.com/glennfredly309/)
Pada tahun 2005 Glenn Fredly juga meraih penghargaan sebagai Artis Solo Pria Pop Terbaik. Suara emas dan lagu-lagu yang indah, mengantarkannya memperoleh penghargaan ini.
4 dari 8 halaman

4. Penghargaan AMI Award Lewat Lagu 'Tega' dan 'When I Fall In Love' (2006)

Penghargaan AMI Award Lewat Lagu 'Tega' dan 'When I Fall In Love' (2006) (credit: Instagram.com/glennfredly309/)
Lagu berjudul When I Fall In Love berhasil meraih penghargaan sebagai Tim Produksi Suara Terbaik dan Karya Produksi Lagu Berbahasa Asing Terbaik.

Selain itu lagu Tega juga mendapatkan penghargaan AMI Award untuk Karya Produksi Jazz Terbaik. Pada tahun 2006 ini Glenn berhasil memperoleh penghargaan secara berturut-turut, ini membuktikan jika dirinya merupakan penyanyi yang multitalenta dan berbakat.

5 dari 8 halaman

5. Artis Solo Pria/Wanita Urban Terbaik (2013)

Artis Solo Pria/Wanita Urban Terbaik (2013) (credit: Instagram.com/glennfredly309/)
Pada AMI Award tahun 2013, Glenn berhasil meraih penghargaan sebagai Artis Solo Pria/Wanita Urban Terbaik. Sekali lagi Glenn dapat mempertahankan prestasinya di mana saat itu bersaing dengan para musisi-musisi baru yang mulai muncul.
6 dari 8 halaman

6. AMI Award Lewat Lagu Adu Rayu (2019)

AMI Award Lewat Lagu Adu Rayu (2019) (credit: Instagram.com/glennfredly309/)
Pada acara penghargaan musik bergengsi tanah air pada tahun 2019 lalu, Glenn berhasil memperoleh penghargaan di AMI Award sebagai Karya Produksi Kolaborasi Terbaik. Lagu berjudul Adu Rayu merupakan kolaborasinya bersama Tulus dan Yovie Widianto.
7 dari 8 halaman

7. Peraih Piala Maya Lagu Tema Terpilih

Peraih Piala Maya Lagu Tema Terpilih (credit: Instagram.com/glennfredly309/)
Tahun 2014 Glenn berhasil meraih Piala Maya kategori Lagu Tema Terpilih melalui lagu berjudul Kembali Ke Awal. Serta pada 2020 kembali mendapatkan penghargaan ini lewat lagu Cahaya dari Timur.
8 dari 8 halaman

8. Penghargaan di Malaysia dan Singapura

Penghargaan di Malaysia dan Singapura (credit: Instagram.com/glennfredly309/)
Selain mendapatkan penghargaan di kancah tanah air, Glenn Fredly juga memperoleh penghargaan di luar negeri. Pada tahun 2000 Glenn meraih dua penghargaan sekaligus di luar negeri.

Pelantun, lagu Januari ini meraih penghargaan Anugrah Industri Musik Malaysia kategori Album Indonesia Terbaik. Serta di Singapura lagunya juga menjadi Pilihan Terbaik Pendengar di Planet Musik Award.

Nah itulah 11 penghargaan yang pernah diraih oleh musisi multitalenta serta berbakat, Glenn Fredly yang sudah berkarir selama 25 tahun di industri musik tanah air. Selamat jalan Glenn Fredly.

(kpl/nlw/gen)