Nadiem Makarim Ubah Sistem Penilaian Ujian Akhir, Aktris Yoriko Angeline Senang - Fokus Masuk Universitas Impian

Sanjaya Ferryanto   | Rabu, 01 April 2020 21:31 WIB
Nadiem Makarim Ubah Sistem Penilaian Ujian Akhir, Aktris Yoriko Angeline Senang - Fokus Masuk Universitas Impian

Kapanlagi.com - Wabah virus corona atau covid-19 memberi dampak pada semua aspek, salah satunya sistem pendidikan. Baru-baru ini Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberlakukan kebijakan baru terkait format Ujian Akhir (UN).

Nadiem bukannya menghapus seperti yang ramai diperbincangkan banyak orang. Melainkan menggantinya dengan sistem baru yang disebut assesment kompetensi dan survei karakter.

1 dari 2 halaman

1. Fokus Masuk Perguruan Tinggi

Fokus Masuk Perguruan Tinggi Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya
Keputusan cepat yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan direspon positif oleh pemain film Yoriko Angeline. Karena sebagai siswi kelas tiga SMA, hal tersebut memudahkan untuk masuk ke universitas yang diimpikan.

"Jujur, saya senang dengan keputusan ini. Apalagi untuk sekarang masuk ke perguruan tinggi nilai UN tidak dijadikan bahan acuan. Sehingga dengan tidak adanya UN, saya bisa lebih fokus masuk ke perguruan tinggi yang akan saya tuju," kata Yoriko saat dihubungi melalui sambungan telepon.

2 dari 2 halaman

2. Merasa Sia-Sia Belajar Tiga Tahun?

Adanya sistem penilaian baru sebagai pengganti UN ditanggapi santai oleh Yoriko Angeline yang bersekolah di Global Sevilla International School. Ia tidak merasa belajarnya selama tiga tahun terakhir menjadi sia-sia.

"(Tanpa UN) menurut saya sih nggak sia-sia karena ilmu yang didapat menambah pengetahuan dan saya enjoy belajarnya. Kalau UN tetap ada ya siap nggak siap sebenarnya, karena saya merasa sudah belajar semaksimal mungkin," tuntas pemain film DILAN 1990 ini.

(kpl/abs/frs)

Reporter:  

Adi Abbas Nugroho