Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Namanya Digunakan Untuk Modus Penipuan, Ikmal Tobing Angkat Bicara

Editor KapanLagi.com   | Selasa, 18 Januari 2022 10:42 WIB
Namanya Digunakan Untuk Modus Penipuan, Ikmal Tobing Angkat Bicara
Kapanlagi.com

Kapanlagi.com - Musisi dan drummer Ikmal Tobing baru-baru ini mengalami hal yang tak mengenakan. Pasalnya, nama drummer T.R.I.A.D tersebut telah dicatut oleh orang tak dikenal untuk melakukan penipuan.

Ikmal adalah drummer dari band T.R.I.A.D yang di gawangi oleh Ch Pramita,Wahyu Sudiro,Prinzes Amanda,Tarash Bistara,dan Ahmad Dhani. Nggak cuma T.R.I.A.D, pria berusia 32 tahun ini juga dikenal sebagai anggota band Mahadewa.

Tak hanya sekali, ternyata identitas pemilik nama lengkap Rajasa Ikmal Tobing ini sudah dipakai dua kali untuk menipu. Baru-baru ini, Ikmal menyebutkan bahwa pelaku penipuan ini beraksi tengah malam dengan mengirimkan pesan singkat Whatsapp ke manajernya, Ine Firyanie.

1. Siapa Identitas Pelaku

Gambar

Saat ditemui di kawasan Stadion GBK Senayan, Jakarta Pusat, (3/1) Senin malam, Ikmal Tobing mengungkapkan bahwa kasus ini sudah dilaporkan ke pihak berwajib. "Yang pertama, akun instagram saya di hack dan pelaku minta dikirimkan uang. Sekarang nama saya dicatut lagi."

"Pelaku ini blunder saat kirim pesan ke manajer saya menggunakan nomor bukan punya saya. Dia pinjam duit," lanjut drummer Band T.R.I.A.D. itu. Untungnya saat penipu itu beraksi, uang belum dikirimkan ke pelaku. Oleh karena itu, Ikmal pun melaporkan kasus ini ke pihak berwajib.

2. Nggak Cuma Ikmal Tobing

Gambar

Ternyata ada korban selain Ikmal Tobing, yakni penyanyi senior Vina Panduwinata. Modus yang digunakan pelaku pun juga sama, yaitu pelaku meretas akun Instagram pelantun lagu Burung Camar itu lalu meminjam uang pada beberapa pengikut media sosialnya.

"Yang saya alami di Instagram, beberapa bulan lalu juga dialami sama Mama Ina (Vina Panduwinata)," ungkap Ikmal Tobing.

Ikmal juga mengatakan bahwa fans serta followers Vina Panduwinata telah jadi korban dari aksi penipuan tersebut. "Jadi ke-hack, lalu fans-fans Mama Ina (Vina Panduwinata) kena semua. Akhirnya sampai ditransfer uang. Dan kodenya biasanya sama. Biasanya antara 2 juta (rupiah) sampai 2,5 juta. Itu ciri khasnya dia," ujarnya.

Ikmal pun berharap pihak berwajib bisa segera mengungkap pelaku, yang diduga dalam bentuk jaringan yang terorganisir. "Sampai sekarang masih diusut. Update kemarin saya diskusi, masih dicari, dan sempat teman saya juga, mas Edwin Cokelat, itu juga kena dengan nomor yang sama. Tapi namanya aja dia ganti, nomornya dia sendiri," ungkapnya.

Editor:   Editor KapanLagi.com