Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Nanda Persada Sedih, Masih Ada Honor Artis yang Belum Dibayar Pihak TV hingga Tahunan

Dhefa Mauren Roos Mary   | Rabu, 23 Januari 2019 15:21 WIB
Nanda Persada Sedih, Masih Ada Honor Artis yang Belum Dibayar Pihak TV hingga Tahunan
Credit: Nanda Persada © Bintang.com

Kapanlagi.com - Dunia keartisan sering kali dicap sebagai industri yang serba wah. Namun bukan berarti para artis yang terlibat di dalamnya tidak pernah menghadapi lika-liku industri yang tidak pasti dan karirnya lancar-lancar saja. Misalnya saja soal honor.

Tak banyak yang tahu kalau para artis di industri hiburan kita juga pernah mengalami masalah honor yang tak kunjung dibayar oleh pihak televisi. Bukan dalam hitungan bulan, kadang masalah ini berlanjut hingga bertahun- tahun.

Bukti chat soal kasus honor artis yang tak kunjung dibayar (Credit: instagram.com/nandapersada)Bukti chat soal kasus honor artis yang tak kunjung dibayar (Credit: instagram.com/nandapersada)

Sebuah contoh kasus diungkap oleh Nanda Persada belum lama ini. Untuk yang belum tahu, Nanda Persada adalah Ketua Umum Imarindo (Ikatan Manajer Artis Indonesia). Ia juga berkerja pada PM Artist Management, Keluarga Besar Lemhannas RI, KADIN Indonesia, serta seorang Advokat.

1. Honor yang Tak Kunjung Dibayar

Gambar

Lewat unggahan terbarunya via Instagram, Nanda Persada membagikan bukti curhatan manajer artis yang telah ia capture. Rupanya kasus honor artis yang tak kunjung dibayar ini masih terus bergulir. Alhasil kasus ini bukan hanya berimbas pada honor sang artis saja, tapi juga sang manajer.

"Dibalik kesan gemerlapnya dunia artis, ada hal yang sebenarnya tragis dan tidak banyak orang yang tahu. Soal honor yang lama dibayarkan pihak TV. Bisa berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun tidak dibayar. Padahal di situlah mata pencaharian para artis dan otomatis manajernya juga, di luar job off air, dan lain-lain," tulis Nanda Persada.

2. Dianggap Tidak Kooperatif

Gambar

Kasus honor ini rupanya menjadi semakin kompleks. Pasalnya artis dan pihak manajemen yang menagih haknya ini malah disebut tidak kooperatif, bisa diblacklist, hingga tidak dipanggil lagi ke acar TV itu.

"Banyak cerita sedih (dan) nggak enak dalam menagih honor ini. Artis, terutama manajer kadang sudah seperti debt collector yang hampir setiap hari menagih dan sering direspon pihak TV yang bersangkutan dengan menghindar atau ketus. Untuk menagih dengan sangat tegas resikonya dianggap tidak kooperatif, kemungkinan diblacklist, tidak dipanggil lagi ke acara-acara TV tersebut," ungkap Nanda lebih lanjut.

"Tidak semua artis punya positioning tinggi, berani tegas dan keras misalnya menempuh jalur hukum dalam menagih haknya. Banyak artis yang takut ‘bermasalah' dengan para klien terutama media TV, production house, dan lain-lain," sambungnya.

3. Bisa Saling Menghargai?

Gambar

Membaca curhatan ini Nanda Persada mengaku sedih. Ia pun berharap agar pihak-pihak yang terlibat di dalamnya bisa saling menghargai. Baik sang artis, manajer serta klien TV itu sendiri.

"Sedih sekali ketika minggu lalu ada anggota Imarindo (Ikatan Manajer Artis Indonesia) yang curhat betapa susahnya menagih honor pembayaran artisnya, padahal ini untuk biaya pengobatan artis tersebut. Artis yang punya nama besar di industri entertainment! Inilah fakta sebenarnya. Semoga kerjasama artis, manajer dan klien khususnya TV bisa saling menghargai? Hidup pekerja seni Indonesia!" pungkas Nanda Persada.

Editor:   Dhefa Mauren Roos Mary

Topik Terkait