Nunung Positif Narkoba Sabu, 11 Seleb Ini Juga Ditangkap Karena Kasus yang Sama

Galuh Esti Nugraini | Sabtu, 20 Juli 2019 13:10 WIB
Nunung Positif Narkoba Sabu, 11 Seleb Ini Juga Ditangkap Karena Kasus yang Sama

Kapanlagi.com -  

Berita mengejutkan datang dari komedian Nunung. Ya, Nunung ditangkap polisi karena kasus kepemilikan narkoba jenis sabu di rumahnya pada hari Jumat (19/07/2019). Tak sendiri, ia pun diciduk bersama sang suami, Iyan Sambiran.

Saat grebek rumahnya, polisi menemukan barang bukti sabu seberat 0,36 gram. Nunung pun terlihat cemas terlihat dari raut wajahnya. Bahkan saking paniknya, Nunung juga sempat membuat barang bukti sabu di wc toiletnya.

Siapa sangka jika Nunung telah mengonsumsi sabu sudah 5 bulan ini. Hal tersebut juga terlihat dari hasil test urine Nunung dan suami yang terbukti positif. Keduanya pun diamankan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Tak hanya Nunung saja, ternyata banyak juga selebriti Indonesia yang juga pernah tertangkap karena kasus sama. Ya, mereka kedapatan mengonsumsi narkoba jenis sabu. Siapa saja mereka?

1 dari 12 halaman

1. Nunung

Nunung Detik-detik Nunung tertangkap narkoba (Credit: Polda Metro Jaya)
Ya, Nunung yang juga tergabung dalam Srimulat ini memang sempat membuang barang bukti sabu-sabu seberat 2 gram. "(Dibuang) di WC, di situ. Saya flush, kebetulan saya juga lagi buang air dan saking paniknya saya buang," ujar Nunung saat ditanya oleh petugas.

Untungnya, Nunung dan suami, Iyan kooperatif menunjukkan barang bukti yang masih ada. Selain sabu-sabu, polisi juga menyita sedotan, alat bong sampai empat buah handphone.

Dari pengakuan Nunung, setidaknya ia sudah melakukan transaksi narkoba dengan Hadi Moheriyanto sebanyak 10 kali dalam waktu 3 bulan terakhir. Untuk satu gramnya sendiri, Nunung pun rela keluarkan uang 1,3 juta.

Sudah 5 bulan terakhir ini, Nunung mengonsumsi sabu. Bukan tanpa alasan, ia mengaku untuk menambah stamina. Tak dipungkiri karena jadwalnya di dunia hiburan begitu padat.

Ternyata polisi tak langsung menggrebek rumahnya begitu saja. Mereka mendapat laporan dari masyarakat sekitar yang mengaku curiga.

2 dari 12 halaman

2. Zul Zivilia

© KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Vokalis band Zivilia tertangkap di apartemennya karena kedapatan miliki 9,5 kilogram sabu. Bahkan ia juga menyimpan 24 ribu butir ekstasi.

Pada 8 Maret 2019 lalu, Polda Metro Jaya melangsungkan gelar perkara dan menghadirkan para tersangka termasuk juga Zul. "Dia bagian dari jaringan. Dia menerima bagian dan dia bungkus dan antar ke tujuan. Dia juga yang mengemasi," ungkap Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Gatot Eddy Pramono.

Tak hanya mengonsumsi ternyata Zul juga sebagai pengedar. Tak hanya di apartemennya, namun polisi juga menemukan beberapa barang bukti di TKP. Hingga jika ditotal sabu yang didapatkan polisi adalah seberat 50,6 kilogram dan ekstasi sebanyak 54 ribu butir. 

"Ancamannya hukuman mati, seumur hidup, tergantung perannya masing-masing. Nanti di pengadilan akan terlihat. Ini sebuah kelompok besar, terdiri dari 4 kelompok. Kelompok 1 Alvian, 2 Rian, 3 Ismayadi, 4 Ramdani. Di bawahnya Zul ada Divianti. Nah ini nanti tergantung peran masing-masing. Persidangan yang menentukan mereka ini terkena berapa dan berapa," terang Gatot.

3 dari 12 halaman

3. Sandy Tumiwa

Sandy Tumiwa Sandy Tumiwa © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Sandy Tumiwa juga terlibat dalam kasus narkoba. Mantan suami Tessa Kaunang ini setidaknya memesan sabu-sabu tiap 2 hari sekali. Dengan barang bukti yang ada dan pengembangan penyelidikan, Sandy Tumiwa akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Dari hasil penyelidikan, Sandy diketahui sudah cukup lama memakai narkoba. "Waduh enggak dihitung, kurang lebih satu tahun," tukas Arie. Selama itu pemesanan dilakukan melalui telepon. "Lewat telepon, pembayarannya ada yang transfer dan bayar langsung," ungkap AKBP Arie Ardian R., Wakapolres Jakarta Pusat.

Gara-gara kasus ini Sandy terancam dijerat dengan pasal 112 ayat 1. "Pasal 112 ayat 1, karena digunakannya bersama-sama, juga pasal 132 UU tentang narkotika tahun 2009, ancaman (penjara) minimal empat tahun," lanjutnya.

4 dari 12 halaman

4. Jupiter Fortissimo

Jupiter Fortissimo Jupiter Fortissimo © KapanLagi.com/Budy Santoso
Jupiter Fortissimo menjadi salah satu selebriti yang ikut terjerat dalam kasus narkoba. Di tahun 2016 ia pun ditangkap karena miliki sabu-sabu.

"(Pakai narkoba) Tiga bulan. Nggak sering. Dia pakai untuk kesenangan dia aja, sekaligus isi kekosongan selama tidak ada jadwal syuting," ungkap Kapolsek Tamansari, AKBP Suhermanto, saat ditemui di Polsek Metro Tamansari, Jakarta Barat waktu itu.

Untuk mempertanggungjawabkan hal tersebut ia pun jalani masa tahanan 2 tahun. Namun sayang, setelah bebas ia malah mengonsumsi narkoba lagi. Hingga ia pun kembali diciduk pada Februari 2019.

5 dari 12 halaman

5. Aris Idol

Credit: KapanLagi - Budy Santoso
Jebolan Indonesian Idol 2008 ditangkap polisi pada awal tahun 2019 bersama 4 orang temannya di apartemen di Jakarta Selatan. Sebuah barang bukti sabu-sabu 0,23 gram pun ditemukan.

Setelah lima orang tersebut diamankan, polisi langsung melakukan tes urine pada mereka. Hasilnya pun menunjukkan semuanya positif narkoba.

Istri dari Aris Idol, Fanny menduga jika suaminya itu telah dijebak oleh seseorang. Iya pun tak percaya jika Aris melanggar hukum dengan mengonsumsi narkoba.

6 dari 12 halaman

6. Reza Bukan

Reza Bukan Reza Bukan © KapanLagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono
Reza Bukan juga mengagetkan publik dengan kabar yang beredar. Presenter itu pun diciduk polisi dengan barang bukti berupa sabu-sabu, Juli 2008 lalu. Hal ini bermula dari informasi masyarakat sekitar yang melapor.

"Setelah beliau pulang kerja dari salah satu stasiun TV kemudian kami melakukan pemeriksaan di rumahnya kemudian ditemukan barang bukti narkoba ada tiga paket dengan berat netto 0,19 gram," ucap Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat, AKBP Erick Frendriz.

Terungkap jika Reza Bukan telah memakai narkoba sejak 2014. Alasannya pun karena ingin mengurasi rasa stres bekerja.

7 dari 12 halaman

7. Roro Fitria

Roro Fitria KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Selebriti wanita lain yang ikut terciduk narkoba jenis sabu adalah Roro Fitria. Ia ditangkap karena kepemilikan obat terlarang jenis sabu-sabu seberat 2,4 gram. Roro Fitria ditangkap di rumahnya, tepatnya di bilangan Jakarta Selatan.

Setelah melalui persidangan panjang, Roro dihukum penjara selama 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp 800 juta. Roro yang syok dengan keputusan tersebut pun mengajukan banding.

Namun sayang, pengadilan rupanya menolak banding yang diajukan oleh Roro. Sempat dalam salah satu sidangnya, Roro pernah jatuh pingsan. Wanita dengan suara unik itupun langsung dibopong ke kursi persidangan oleh tim pengacaranya. Setelah mendapat perawatan, Roro pun siuman.

8 dari 12 halaman

8. Jennifer Dunn

Jennifer Dunn ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Narkotika jenis sabu juga pernah menyeret nama Jennifer Dunn ke balik jeruji. Awalnya ia pun dituntut 4 tahun penjara, namun pengadilan malah memutuskan perempuan yang akrab disapa dengan nama Jeje itu mendapat hukuman 10 bulan penjara.

Aktris itu pun sudah ditahan sejak awal tahun 2018 lalu dan sekarang sudah mendekam selama kurang lebih delapan bulan di tahanan. Dengan keputusan itu, Jennifer Dunn tinggal menjalani sisa masa tahanannya yang hanya dua bulan saja.

Kini ia pun sudah bebas dan bisa menghirup udara segar. Bahkan ia telah berhijrah dengan memutuskan berhijab. Di samping itu juga, ia hidup harmonis dengan Faisal Harris.

9 dari 12 halaman

9. Ridho Rhoma

Ridho Rhoma ©KapanLagi.com/Budy Santoso
Pada tahun 2017, anak dari raja dangdut Rhoma Irama yakni Ridho Rhoma terseret kasus narkoba. Telah lama ia kecanduan sabu-sabu. Hal tersebut seperti yang diungkap oleh Muhammad Sofyan, sang pengedar.

Ridho juga pernah memesan sabu pada Sofyan seberat 1 gram seharga Rp 1,8 juta. Awalnya Ridho mengaku memakai narkoba sebagai obat diet. Namun keterangan berbeda diungkap oleh Sofyan. "Pemakaian ketiga. Dia bilang mau bikin video klip," ujarnya.

Setelah bebas, masalah pun kembali datang. Rupanya Ridho Rhoma melakukan kesalahan kembali. Ya, ia mengonsumsi narkoba lagi, kasusnya pun kini masih dalam pemeriksaan.

10 dari 12 halaman

10. Pretty Asmara

Pretty Asmara © KapanLagi.com
Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya juga pernah mengamankan Pretty Asmara. Ya, dirinya ditangkap di Hotel Grand Mercure di kawasan Jakarta Utara pada Juli 2017. "Iya yang bersangkutan (Pretty Asmara) sudah kita tangkap," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi

"Saat ditangkap kita temukan barang bukti sabu dan ekstasi," lanjutnya. Penangkapan ini berasal dari informasi masyarakat dan diketahui Pretty Asmara beserta satu orang lainnya memiliki sabu seberat 0.92 gram.

11 dari 12 halaman

11. Gatot Brajamusti

Gatot Brajamusti ©KapanLagi.com/Budy Santoso
Gatot Brajamusti ditangkap di kamar hotel Golden Tulip kamar 1100 Jl jendral sudirman No 4 selaparan, Kota mataram NTB. Pria tersebut ditangkap bersama istri ketiganya yaitu Dewi Aminah karena kedapatan tengah pesta sabu-sabu pada tahun 2016 lalu.

Penangkapan berawal dari informasi masyarakat karena sering lakukan pesta narkoba. Saat diciduk, terdapat sejumlah barang bukti di antaranya 1 buah klip plastik berbentuk kristal putih yang diduga sabu, bong atau alat penghisap sabu, pipet kaca, sedotan, dan korek.

Kemudian pengembangan kasus pun dilakukan. Di rumahnya, didapati 30 jarum suntik, 9 bong & 7 cangklong untuk menghisap sabu, 39 korek api serta 1 bungkus sabu-sabu yang beratnya 10 gram. Tak hanya itu, Gatot Brajamusti juga diduga melakukan penyalahgunaan penyimpanan amunisi karena memiliki senjata api dan peluru.

12 dari 12 halaman

12. Tessy

Tessy
Pelawak Srimulat Tessy juga pernah ditangkap karena kepemilikan sabu juga. Ia ditangkap bersama dua orang temannya yang hendak pesta narkoba di daerah Bekasi, Jawa Barat.

Tessy pun mengelak saat digeledah dan menemukan barang bukti narkotika jenis sabu dari kantong celananya. "Dari hasil penggeledahan memang ditemukan sabu seberat 1,06 gram dari saku celana Tessy. Mereka membeli barang ini patungan, dan janjian untuk digunakan bersama," jelas Brigjen Anjan Pramuka.

(kpl/gen)


↑