PA Depok Kabulkan Gugat Cerai Ricky Subagja

Editor KapanLagi.com | 14 Juni 2006, 11:14 WIB
Kapanlagi.com - Talak pertama akhirnya dijatuhkan Pengadilan Agama Depok pada Elsa Manora Nasution, kemarin. Pasalnya gugatan yang diajukan suaminya, Ricky Subagja dikabulkan majelis hakim pimpinan Rifai Mutahar. Seperti telah diduga pada persidangan sebelumnya kedua belah pihak yang mempersoalkan harta gono-gini serta hak pengasuhan anak. Mereka sepakat akan membicarakan lebih lanjut mengenai hal ini.

Pada sidang kemarin, Caca, begitu Elsa biasa disapa, hadir sendiri. Sementara Ricky diwakilkan kuasa hukumnya, Ferry Firman Nurwahyu SH. Kelar bersidang, Caca mengaku pasrah atas terkabulnya permohonan talak suaminya."Ya, seperti diudga semula bahwa gugatan dikabulkan. Semoga tak menimbulkan sesuatu. Pun dengan pengasuhan anak yang dilakukan bersama dikabulkan," katanya.

Hal senada dikatakan Ferry, menurutnya ada tiga permohonan kliennya yang dikabulkan majelis hakim. "Yang satu, cerai talak. Kedua, mengijinkan Ricky membacakan talak pada 4 Juli. Ketiga, menghukum para pihak untuk mematuhi serta melaksanakan tentang asuh anak yang dilakukan bersama-sama," ujarnya.

Namun ketika disinggung penyebab cerai, kedua belah pihak enggan bicara dan langsung meninggalkan gedung. Alhasil sebab pisahnya rumah tangga meraka didapat dari Rifai. Menurutnya mereka sebenarnya sudah pisah ranjang sejak empat tahun lalu. Sehingga pasangan tersebut tak bisa melakukan hubungan layaknya suami isteri.

Selain itu kabar berhembus, jika Elsa mengidap baby blus sindrom, yakni penyakit psikologis yang dialami perempuan usai melahirkan anaknya. Diduga hal inilah yang menjadikan Ricky menggugat cerai. Tentang hal ini sebagai penyebab, secara tersirat dikatakan Rifai. Pun dengan sikap Caca yang terkesan pasrah hak asuh anak diserahkan kedua belah pihak.

"Ya, mereka kan masih muda dimana hubungan intim masih hangat-hangatnya," rencananya sidang dilanjutkan 4 Juli mendatang dengan agenda pembacaan ikrar talak oleh pihak Ricky. (kl/opa)