Pablo Benua Jadi Tersangka Kasus Penipuan, Penggelapan dan Pemalsuan Surat

Dhimas Nugraha | Rabu, 24 Juli 2019 18:25 WIB
Pablo Benua Jadi Tersangka Kasus Penipuan, Penggelapan dan Pemalsuan Surat

Kapanlagi.com - Kasus hukum yang menimpa Pablo Benua sepertinya tak sekedar 'ikan asin'. Beberapa kasus pun mulai mencuat satu per satu, dan yang paling baru, ia kini tersandung kasus penipuan dan penggelapan dan pemalsuan dokumen.

Kabar tersebut disampaikan oleh Argo Yuwono, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya. Dalam keterangannya, Argo sudah memeriksa setidaknya ada 12 saksi terkait kasus penipuan Pablo Benua.

"Untuk kasusnya Pablo yang dilaporkan di Polda Metro Jaya di Krimum (Kriminal Umum) oleh ACC yang lapor. Setelah dilakukan penyelidikan dan klarifikasi ternyata kita sudah memeriksa 12 saksi," kata Argo Yuwono saat ditemui di di Direktorat Reserse Kriminal Umum, Polda Metro Jaya, Rabu (24/7/2019).

1 dari 2 halaman

1. Pablo Benua Terjerat Pasal Berlapis

Hasil dari penyelidikan kepolisian tersebut, akhirnya menetapkan Pablo Benua sebagai tersangka. Dalam kasus ini, ia terjerat pasal berlapis, yaitu pasal 378, 263, dan pasal 372.

"Kemudian kemarin sudah menetapkan tersangka berkaitan dengan kasus penipuan, penggelapan dan pemalsuan surat terhadap tersangka atas nama Pablo. Nanti tanggal 25 kita akan lakukan pemeriksaan sebagai tersangka," ujarnya.

2 dari 2 halaman

2. Ancaman Pablo Benua Bervariasi

Hingga saat ini masih belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak kepolisian terkait hukuman yang akan diterima oleh Pablo Benua. Menurut Argo Yuwono, ancamannya pun bervariasi.

Ancaman yang akan diterima Pablo kemungkinan mengacu pada KUHP Tindak pidana penipuan diatur dalam Pasal 378 KUHP, dan tindak pidana penggelapan diatur Pasal 372 KUHP dengan maksimal hukuman empat tahun penjara.

(kpl/aal/dim)


Reporter:  

Sahal Fadhli

↑