Pakai Reward, Ini Trik Jitu Masayu Anastasia Ajak Anak Berpuasa

Fitrah Ardiyanti | 01 Juli 2015, 19:00 WIB
Pakai Reward, Ini Trik Jitu Masayu Anastasia Ajak Anak Berpuasa
Kapanlagi.com - Ramadan tahun ini aktris Masayu Anastasia memilih untuk tak banyak mengambil pekerjaan. Sebab ia sudah harus mengajari putrinya yang akan masuk SD, Samara, untuk belajar menjalankan ibadah puasa. Samara pun belajar dengan berpuasa setengah hari.

"Kalau sahur dia minum susu saja. Puasa sampai jam 10 atau jam 12. Terus dia lanjutin lagi sampai Maghrib," cerita Masayu saat ditemui di Plaza Semanggi.

Nggak mudah mengajari sang putri untuk berpuasa. Sadar akan hal itu, Masayu menggunakan sistem reward, jika Samara semangat berpuasa. "Emang aku iming-imingi reward biar memacu dia. Tapi kalau gak diajari dari kecil, kapan lagi coba," ujarnya.

Syukurlah dengan usahanya yang gigih, Samara pun tak rewel saat sahur. "Alhamdulillah dibangunin tetep bangun, walau dia ngantuk-ngantuk gitu tapi tetap ikut sahur," ungkap istri dari Lembu Wiworojati ini.

Beri reward, trik jitu Masayu ajarkan anak berpuasa/©Kapanlagi.com®/Bayu HerdiantoBeri reward, trik jitu Masayu ajarkan anak berpuasa/©Kapanlagi.com®/Bayu Herdianto

Ada alasan tersendiri mengapa Masayu perlahan tapi pasti mengajarkan salah satu kewajiban umat Muslim ini kepada putrinya. "Gue orang yang straight banget sama agama. Kalo dari jadi, gampang dikasih tahu juga. Buat gue agama harus banget."

Masayu mengaku dibesarkan di lingkungan keluarga yang taat terhadap agama. Sejak kecil, ia sudah masuk sekolah Islam. Itulah mengapa ia harus terus menanamkan pendidikan agama yang kuat kepada Samara. Namun, ia mengaku Samara lebih baik dari dirinya saat kecil dulu. "Untungnya dia gak ikutin gue dulu hahaha," selorohnya.

Meski dirinya sangat straight terhadap agama, ternyata sang suami malah lebih santai. "Dia lebih santai sih, mau anak puasa apa nggak. Gue yang lebih kenceng masalah agama," tandasnya.

(kpl/abs/tch)

Reporter:  

Adi Abbas Nugroho