Pakar Telematika Bicara Foto Ciuman Pasha dan Angel Karamoy

Ahmat Effendi | 01 Desember 2015, 14:58 WIB
Pakar Telematika Bicara Foto Ciuman Pasha dan Angel Karamoy
Kapanlagi.com - Beredar 5 foto yang memperlihatkan kedekatan Pasha Ungu dan Angel Karamoy dan diungkap di satu tayangan infotainment. Satu pakar telematika pun telah dimintai keterangan untuk mengungkap keaslian foto yang tersebar. 

Nama Abimanyu Wachjoewidajat yang sudah tidak asing sebagai pakar telematika, bicara tentang foto tersebut. Menurutnya 4 foto terlihat wajar dan satu lain baru nampak seperti editan.

"Itu kan fotonya hasil repro ya, jadi masih sulit untuk dibuktikan kebenarannya. Tapi itu penampilan semua wajar, nggak kelihatan editan. Cuma 4 dari 5 itu, hanya satu saya masih ragu," ungkap Abimanyu, pakar telematika saat dihubungi awak media, Selasa siang (01/12). 

Pakar telematika Abimanyu menilai besar kemungkinan 4 dari 5 foto yang beredar adalah asli. ©KapanLagi.comPakar telematika Abimanyu menilai besar kemungkinan 4 dari 5 foto yang beredar adalah asli. ©KapanLagi.com

Untuk membuktikan keaslian satu foto, yang paling mungkin dibuktikan adalah foto master yang diambil pertama dan bukan hasil copy atau reproduksi. Dari sana baru jelas apakah satu foto merupakan rekayasa atau bukan.

"Bisa banget. Kalau misalnya dianggap rekayasa, sekarang kan hasil repro, jadi belum bisa," tuturnya. 

Saat melihat dan menganalisa foto-foto yang diperlihatkan kepadanya, Abimanyu menilai besar kemungkinan foto tersebut bukan hasil editan. Meski demikian karena analisa adalah dari foto yang telah direproduksi ulang, analisa tersebut tak bisa 100 % benar.

"Analisanya belum bisa dibilang matang ya. Saya cuman bisa menilai dari hal-hal yang umum saja. Dari situ saya lihat berdasarkan logika, tata warna, kewajaran, itu kemungkinan asli. Karena ya itu tadi, foto yang saya terima itu hasil repro," tandasnya.

(kpl/abs/sjw)

Reporter:  

Adi Abbas Nugroho