Pasal Berlapis yang Menjerat Saat Gerebek Angel Lelga Bisa Dibantahkan, Ini Pesan Vicky Prasetyo Untuk Para Suami

Jum'at, 21 Mei 2021 07:15 WIB
Pasal Berlapis yang Menjerat Saat Gerebek Angel Lelga Bisa Dibantahkan, Ini Pesan Vicky Prasetyo Untuk Para Suami
Vicky Prasetyo / Credit Foto: KapanLagi.com - Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sidang pencemaran nama baik yang diperkarakan Angel Lelga dengan Vicky Prasetyo sebagai terdakwa kembali digelar pada Kamis (20/5/2021). Bertempat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pihak Vicky mendatangkan ahli pidana untuk menelaah pasal berlapis yang menjeratnya.

Sebagaimana diketahui, Vicky didakwa lima pasal antara lain Pasal 45 ayat 3 juncto Pasal 36 juncto Pasal 27 ayat 3 Undang Undang ITE. Lalu pasal 311 ayat 1 KUHP dan Pasal 355 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

1. Pasal Bisa Dibantahkan

Dari penjelasan ahli pidana, Vicky Prasetyo optimistis bila dirinya bakal bebas. Karena pasal yang menjerat tersebut masih bisa dibantahkan.

"Dari keterangan ahli pidana memang kita cukup optimis. Artinya dari pasal yang didakwakan, diterangkan unsur pasal masing-masing terkait dengan peristiwa yang terjadi. Penerapan pasal tersebut bisa kami bantahkan satu persatu dari hasil mendengarkan keterangan," kata Arif Hidayat selaku kuasa hukum Vicky saat ditemui usai sidang.

2. Contoh Untuk Suami di Seluruh Indonesia

Melihat permasalahan yang kini dihadapi, Vicky Prasetyo merasa bisa dijadikan contoh oleh suami-suami di luar sana. Semisal menggerebek istri bersama laki-laki lain, sebagai kepala keluarga tidak bisa disalahkan begitu saja. Namun, semua kembali kepada keputusan pengadilan.

"Perkara saya ini bukan menjadi perkara pribadi saya, tapi juga contoh semua rumah tangga di Indonesia. Bahwa belum tentu, misal, suami menggerebek istrinya yang saat itu dengan pria lain, belum tentu bersalah. Ini masih subyektif. Justru pengadilan yang akan menentukan ke depannya," tandas Vicky dalam kesempatan yang sama.