Pasca Terjun Jadi Relawan di Suriah, Fauzi Baadilla Petik Pelajaran Berharga

Tyssa Madelina | 31 Mei 2018, 09:00 WIB
Pasca Terjun Jadi Relawan di Suriah, Fauzi Baadilla Petik Pelajaran Berharga

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu, Fauzi Baadilla terlihat tengah mengunjungi Suriah untuk jadi relawan. Terlihat di akun Instagram miliknya, Fauzi mengabadikan momen bersama anak-anak korban konflik. Meski prihatin dengan kondisi mereka, aktor berusia 38 tahun itu tak bisa berkomunikasi karena kendala bahasa.

"Nggak mungkin bisa sharing, bahasanya beda. Bahasa Turki beda, bahasa Syiria juga, bahasa Arab beda, Inggris beda, Indonesia beda. Nggak ada sharing, di sana cuma main, ketawa-ketawa, nggak mungkin sharing," ujar Fauzi Baadilla, saat ditemui di Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (29/5).

Setelah menghabiskan hari-hari di pengungsian, Fauzi Baadilla pun memetik pelajaran berharga. Selain harus bersyukur dengan keadaannya saat ini, ia juga ingin memperbanyak ibadah.

Fauzi Baadilla ingin membantu sesama yang membutuhkan. ? KapanLagi.com/Budy SantosoFauzi Baadilla ingin membantu sesama yang membutuhkan. ? KapanLagi.com/Budy Santoso

"Nggak tahu ya, gua balik ke Jakarta tuh kayaknya kita terlena ya. Terlena, manja gitu, gampang ngeluh, kurang ibadah, suka buang-buang makanan," jelasnya.

Fauzi pun menegaskan bahwa aksinya di Suriah kemarin tak semata hanya ikut-ikutan. Sejak dari sana ia justru terketuk pintu hati untuk membantu sesama manusia yang membutuhkan. Bahkan ia ingin menghimpun aksi kemanusiaan di Pulau Alor setelah ini. Ia juga menghimbau masyarakat untuk rajin beramal dan mendonasikan sebagian hartanya ke orang yang membutuhkan.

"Ya sebaiknya masyarakat paling nggak tahu lah kalau mau donasi kemana. Paling nggak ada nomer rekening yang tersimpan di handphonenya kalau buat donasi," tandasnya.

(kpl/pur/tmd)

Reporter:   Mathias Purwanto.