Patut Diapresiasi! Ini 6 Pelawak Wanita Legendaris Indonesia, Menghibur Banget - Punya Gaya Ceplas-Ceplos

Dita Tamara   | Jum'at, 17 Juli 2020 14:22 WIB
Patut Diapresiasi! Ini 6 Pelawak Wanita Legendaris Indonesia, Menghibur Banget - Punya Gaya Ceplas-Ceplos
Omas, Mpok Nori, dan Nunung (credit: kapanlagi.com)

Kapanlagi.com - Kabar duka datang dari dunia komedi tanah air. Komedian legendaris Omas meninggal dunia pada Kamis malam (16/7/2020), sekitar pukul 19.30 WIB. Pelawak yang identik dengan bibir monyong itu menghembuskan napas di usianya yang ke- 54 tahun. Seperti yang diketahui, Omas kini sudah jarang terlihat di layar kaca televisi. Disampaikan oleh sang adik, Mastur bahwa meninggalnya Omas dikarenakan sakit yang sudah lama di derita.

Omas merupakan salah satu pelawak senior yang banyak diidolakan. Karirnya yang sempat melambungkan namanya itu, sukses membuat beberapa penggemar jatuh hati karena kekonyolan yang ia tampilkan. Tak hanya Omas, disadari atau tidak, Indonesia memang tidak memiliki banyak pelawak perempuan, apalagi yang namanya sampai melegenda.

Namun, beberapa nama pelawak wanita senior ini mampu menaklukkan kerasnya industri hiburan tanah air dan mampu bertahan hingga namanya selalu diingat. Siapa saja mereka?

1. Omas

Pelawak yang satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Perempuan kelahiran Jakarta, 3 Mei 1966 ini kerap mengocok perut penonton dengan aksi leluconnya itu. Diketahui, Omas mengawali karirnya dengan bermain kesenian tradisional Betawi, yakni Lenong. Ia kemudian tampil di televisi sebagai pemeran dalam beberapa sinetron. Gaya bicara yang ceplas-ceplos itu memang selalu jadi ciri khasnya.

Kabar meninggalnya adik Mandra tersebut tentu mengagetkan banyak pihak. Meski dirinya sudah tiada, namun karya-karya luar biasa yang ia suguhkan mampu membuat namanya dikenang di hati para penggemar.

2. Mpok Nori

Nuri Sarinuri atau yang akrab disapa Mpok Nori merupakan salah satu komedian asal Betawi.yang sangat di kenal dengan gaya lugas dan logat Betawi yang kental. Dalam dunia hiburan, Mpok Nori sosok yang amat sangat pandai menghibur. Tak heran apabila Mpok nori selalu memunculkan gelak tawa bagi para penontonnya.

Perempuan kelahiran Jakarta pada 10 Agustus 1930 itu merupakan salah satu ikon Komedi Betawi. Ia juga merupakan pendiri Grup Lenong Sinar Noray. Namun sayangnya, Mpok Nori menghembuskan napas pada 3 April 2015, di usianya ke-84 tahun. Meski begitu, dirinya sudah berhasil menajdi pelawak wanita legendaris dan selalu dikenang di hati para idolanya. 

3. Nunung

Pemilik nama asli Tri Retno Prayudati atau yang akrab disapa Nunung tersebut juga menjadi salah satu nama pelawak wanita yang begitu legendaris. Bahkan, sejak dulu wanita kelahiran Solo, 5 April 1963 itu namanya tak pernah surut di industri hiburan tanah air. Meski dirinya sempat mendapatkan kasus lantaran penyalahgunaan narkoba, namun dirinya mampu kembali bangkit dan tampil kembali untuk menghibur para penonton.

Pelawak wanita yang satu ini memang sempat tergabung dalam group lawak Srimulat. Kemudian namanya semakin melejit lewat sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAH. Rupanya, Nunung memang sosok pelawak yang mampu beradaptasi baik dengan pergantian zaman. Sehingga, namanya mampu eksis hingga sekarang.

4. Yati Pesek

Suyati atau yang lebih dikenal Yati Pesek juga termasuk deretan pelawak wanita yang legendaris. Perempuan asal Yogyakarta ini memulai karirnya dari panggung ke panggung. Bahkan, leluconnya tersebut mampu diterima oleh para penonton, hingga akhirnya ia sempat menjadi pemain tetap dalam KETOPRAK HUMOR yang ditayangkan di televisi.

Bahkan, dirinya juga terlibat dalam pembuatan film layar lebar seperti LAWANG SEWU, dan WAKIL RAKYAT. Namun sayangnya, perempuan yang memiliki ciri khas gaya centilnya itu kini sudah jarang tampil di layar kaca televisi.

5. Ulfa Dwiyanti

Masih ingat dengan sosok komedian Ulfa Dwiyanti? Ulfa merupakan sosok pelawak wanita dan pernah sangat terkenal di era 1990-an sampai 2000-an. Ulfa merupakan aktris multitalenta kelahiran Bandung, 4 Mei 1972. Sebelum terjun di dunia hiburan, ia aktif sebagai penyiar radio. Bahkan, kemampuan berbicara dan leluconnya itu semakin melambung ketika ia disandingkan menjadi presenter dengan Eko Patrio.

Namun sayangnya, Ulfa memilih meninggalkan dunia hiburan semenjak permasalahan rumah tangganya menjadi konsumsi publik. Meski begitu, lawakannya tak pernah terlupakan dan tetap menjadi pelawak wanita legendaris.

6. Mpok Atik

Mpok atik merupakan salah satu pelawak Indonesia yang namanya sudah tidak asing lagi di masyarakat. Memiliki ciri khas latah, membuat beberapa guyonan yang ia lontarkan menimbulkan gelak tawa. Perempuan berusia 64 tahun ini tak hanya terkenal menjadi pelawak saja, akan tetapi ia juga tampil sebagai pemain sinetron dan pemain film.

Itulah sederet pelawak wanita yang Indonesia yang legendaris. Tentu saja namanya selalu terus diingat dengan tingkah kocaknya demi menghibur para penontonnya.

Editor:   Dita Tamara