Peduli Lingkungan, Samuel Zylgwyn Ajak Milenial Bersih-Bersih Sampah di Laut

Sora Soraya | Kamis, 12 September 2019 16:52 WIB
Peduli Lingkungan, Samuel Zylgwyn Ajak Milenial Bersih-Bersih Sampah di Laut

Kapanlagi.com - Tidak dapat dipungkiri, kondisi alam Indonesia dewasa ini semakin hari semakin memprihatinkan. Salah satu yang paling buruk adalah kondisi laut, yang tercemar oleh sampah. Hal itulah yang pada akhirnya mencuri perhatian Samuel Zylgwyn.

Pesinetron ganteng ini turut prihatin dengan fenomena tersebut. Sebagai bukti kepeduliannya, Samuel Zylgwyn pun menyebarkan ajakan bersih-bersih laut dalam acara 'Gerakan Bersih Laut dan Pantai Serentak' oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

"Hari ini ada agenda bersih laut bikin baper, itu bahasa anak milenial lah. Agenda ini kan harus dilakukan untuk memberi tahu kepada teman-teman, bapak-bapak, ibu-ibu, semua generasi, generasi Z juga," ujar suami Franda itu.

1 dari 2 halaman

1. Kesadaran Generasi Muda

Kesadaran Generasi Muda KapanLagi.com®/Akbar Prabowo Triyuwono
Seperti yang diketahui, masalah pencemaran laut selalu disebabkan oleh sampah plastik yang dibuang sembarangan. Pentingnya menanamkan kesadaran pada generasi muda menjadi salah satu kunci keberhasilan gerakan ini.

"Kita harus sadar lah, jika satu orang yang buang sampah satu buah, tapi kalau dikali berapa orang itu jadi masalah. Makanya tadi melibatkan anak muda, anak sekolah, anak SD, agar kita bisa menjaga laut," imbuhnya lagi.

2 dari 2 halaman

2. Pecahkan Rekor MURI

Samuel tidak sendirian menyebarkan pesan positif ini. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, juga menyampaikan sebuah fakta soal pencemaran laut yang cukup mencengangkan dan alasan gerakan ini dilaksanakan.

"Mengapa kita antusias untuk melakukannya, bayangkan kita peringkat kedua di dunia dalam hal yang tidak baik, yang buruk, yaitu ada 40 juta ton dibuang ke laut. Nah, oleh karenanya adalah suatu kewajiban kita untuk membersihkannya," jelasnya.

Selain menyebarkan hal positif, acara ini nyatanya juga memecahkan Rekor MURI. Gerakan ini tercatat sebagai Aksi Membersihkan Laut Secara Serentak di Pelabuhan Terbanyak untuk pertama kalinya di Indonesia. Keren!

(kpl/apt/sry)


↑