Pelihara Ratusan Binatang, Rumah Irfan Hakim Jadi Tempat Wisata

Tyssa Madelina | Rabu, 20 November 2019 12:10 WIB
Pelihara Ratusan Binatang, Rumah Irfan Hakim Jadi Tempat Wisata

Kapanlagi.com - Rumah Irfan Hakim memiliki desain bangunan Joglo klasik yang kental dengan adat Jawa. Selain itu, suasana semakin terasa unik karena banyak sekali binatang, mulai dari reptil, ikan, hingga burung. Jumlahnya kini sudah ratusan ekor.

"Aduh binatang di rumah banyak banget. Jumlahnya sudah ratusan ekor, jenisnya udah puluhan. Lebih dari 20 spesies," kata Irfan Hakim di Jakarta.

1 dari 2 halaman

1. Kerap Dikunjungi Tetangga

Punya hunian layaknya kebun binatang membuat Irfan Hakim kerap dikunjungi banyak orang. Dari tetangga, teman, hingga kerabat yang hanya sekadar untuk melihat binatang peliharaannya.

"Jadi ya, sejujurnya banyak anak-anak lain yang nebeng liburan di rumah. Itu sering sekali, teman gue dateng atau tetangga. Kita sih kalau kedatangan tamu, senang. Hampir tiap hari ada tamu," ujarnya.

2 dari 2 halaman

2. Jadi Sarana Kumpul Keluarga

Kadang, rumah itu juga menjadi sarana kumpul keluarga yang menyenangkan di sela aktivitasnya yang padat. Irfan mengatakan, anak-anaknya justru memilih berada di rumah ketimbang mencari tempat liburan di luar rumah.

"Sebetulnya anak aku tuh nggak pernah minta (cari tempat liburan), yang penting bareng. Kadang saat ayahnya semangat pergi juga, mereka malah maunya di rumah aja. Kan di rumah juga banyak hal yang bisa kita kerjakan bareng, kayak ngurus binatang, nguras kolam, nonton dvd bareng, itu buat anak-anakku menyenangkan, yg penting komplit," lanjutnya.

"Jadi kalau ayahnya di rumah teh, 'yeay tumben ayah di rumah'. Tanpa ada protes gitu. Berarti begitu, anak-anak nggak lihat tempat, yang penting bareng ada ayahnya khususnya," tukasnya.

(kpl/dan/tmd)


Reporter:  

Dadan Deva

↑