Pengacara Bantah Angel Lelga Sudah Jadi Tersangka Kasus Perzinahan

Wulan Noviarina Anggraini | Selasa, 18 Desember 2018 19:38 WIB
Pengacara Bantah Angel Lelga Sudah Jadi Tersangka Kasus Perzinahan

Kapanlagi.com - Kasus perzinahan yang dituduhkan oleh Vicky Prasetyo kepada Angel Lelga belum usai. Terbaru, Vicky mengungkap bahwa Angel sudah menjadi tersangka dalam kasus ini. Namun hal itu dibantah oleh pengacara Angel, I Nyoman Adi Peri, SH.

Dihubungi lewat sambungan telepon, I Nyoman Adi Peri menyesalkan pemberitaan yang menyudutkan kliennya. Karena sebenarnya yang seharusnya mempublikasikan penetapan seseorang menjadi tersangka haruslah pihak kepolisian.

"Nah yang keluar itu kok tiba-tiba ada surat, konon katanya berdasarkan surat SPDP. Dan SPDP itu belum dikirim ke Kejaksaan, tetapi di situ tertulis sebagai tersangka, padahal sebenarnya terlapor. Nah itu yang dipegang oleh pihak pelapor. Mungkin itu yang mempublish itu saya nggak tahu masuk di medsos. Sekarang ditarik lagi tuh di medsos. Sehingga saya klasifikasi, bahwa seseorang yang dilaporkan itu kan ada prosesnya secara aturan. Peraturan Kapolri ya menyatakan, seseorang itu apakah memenuhi unsur pidana atau tidak, kriminal atau tidak, itu melalui proses yang namanya gelar perkara. Gelar perkara itu semua unsur ya di Polres. Banyak unsur yang terlibat. Termasuk pelapor dan terlapor diundang. Nah ini kan belum," ujar Adi Peri, Selasa, (18/2).

1 dari 2 halaman

1. Status Angel Masih Terlapor

Adi Peri menyebut bahwa pihaknya baru kemarin mendapatkan undangan gelar perkara. Acara itu sendiri baru akan digelar esok, Rabu (19/12) pukul 10.00 WIB pagi.

Hingga kini, status Angel pun masih menjadi terlapor, bukan tersangka. Tersebarnya status Angel seperti yang terjadi saat ini, adalah sebuah pelanggaran keperdataan yang seharusnya tidak terjadi.

"Itu mematikan hak keperdataan. Misalnya Angel tiba-tiba ada kontrak, terus dinaikkan menjadi tersangka, jadi diputus kontraknya sepihak. Hak keperdataan seseorang kan harus dilindungi. Hak untuk berkarier, hak untuk mencari nafkah, hak untuk hidup tenang, hak untuk lepas dari ancaman. Sampai hari ini, saudara Angel dan Fiki Alman masih statusnya sebagai terlapor. Karena polisi Polres Jaksel belum pernah menyampaikan secara resmi," ujar Adi.
2 dari 2 halaman

2. Angel Kecewa Vicky Sesumbar Soal Dirinya Jadi Tersangka

©KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Kepada media, pihak Vicky pun mengungkap bahwa Angel sudah menjadi tersangka. Hal ini membuat Angel kecewa, namun Adi menenangkan kliennya agar tak gegabah.

"Saya yakinkan mbak Angel untuk percaya kepada saya. Jangan khawatir. Tenang saja, karena proses secara mekanisme hukum belum dilalui. Yang jadi problematika SPDP itu berhak diberikan kepada pelapor dan terlapor. Nah ternyata SPDP itu sudah tertulis tersangka, harusnya terlapor. Itu yng jadi landasan mereka bicara. Tapi kan dia tidak berhak bicara secara publik karena itu kan pemberitahuan aja. Kenapa dia menyampaikan kepada publik," ujar Adi.

(kpl/aal/phi)


Reporter:  

Sahal Fadhli

↑