Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Pentingnya Dukungan Keluarga Besar, Mona Ratuliu Cerita Rawat Keponakan Hingga Beri ASI

Canda Dian Permana   | Senin, 20 Juni 2022 15:32 WIB
Pentingnya Dukungan Keluarga Besar, Mona Ratuliu Cerita Rawat Keponakan Hingga Beri ASI
Cerita Mona Ratuliu © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Mona Ratuliu mengungkapkan banyak perubahan yang terjadi dalam hidupnya selama pandemi Covid-19. Selain melahirkan anak keempatnya di masa pandemi, dirinya juga harus memberi ASI hingga merawat keponakannya yang baru lahir secara prematur. Seperti diketahui kakak iparnya, Eneng Ulan meninggal dunia setelah dua hari melahirkan akibat terpapar Covid-19.

“Ada situasi yang berubah jadi saat kakak ipar hamil 8 bulan kena delta. Setelah melahirkan ipar meninggal. Bingung semua keluarga besar cuma yang pertama terbesit ini anak siapa yang nyusuin ya? Aku izin sama kakakku kita urus dulu minimal dia dapat ASI karena aku juga lagi nyusuin,” ujar Mona Ratuliu dalam acara #MadeforEveryFamily Prudential Indonesia di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

1. Ingin Rawat Balint Selamanya

Gambar

Tidak terasa keponakannya yang bernama Balint itu pun hingga saat ini masih tinggal bersama Mona Ratuliu. Ia dan sang suami Indra Brasco pun berencana ingin merawat Balint selamanya. Kini rumah mereka semakin ramai karena memiliki lima anak.

“Sampai detik ini (Balint) masih sama kita, plan mungkin akan sama kita selamanya juga ya. Anak aku sekarang 4+1=5. Rumah makin meriah,” ungkapnya.

2. Dukungan Keluarga Besar

Gambar

Karena kejadian tersebut Mona Ratuliu pun semakin sadar bahwa selain keluarga inti dukungan keluarga besar juga sangat penting. Oleh karena itu dirinya selalu menjaga hubungan yang baik dengan keluarga besarnya.

“Keluarga itu support system, di saat pandemi semua kesulitan tapi yang paling maju (bantu) ya pasti keluarga besar. Kita nggak bisa tinggal sendiiran. Prinsipnya hubungan dengan keluarga besar harus diperjuangkan karena kita pasti butuh mereka. Kita nggak cukup hanya dengan baby sitter karena aku berharap keluarga besar juga ikut menjaga,” jelasnya.

3. Pentingnya Asuransi Jiwa

Gambar

Tak hanya itu Mona Ratuliu juga menyadari bahwa asuransi jiwa itu juga sangat penting. Bukan untuk keluarga inti saja tapi juga untuk membantu keluarga besarnya yang sedang kesulitan.

“Aku lihat asuransi jiwa penting kita punya untuk penopang hidup keluarga yang meninggal dunia karena kita perlu dana penyelamat. Setelah pandemi aku sadar kalau memang banyak hal yang nggak dibayangkan terjadi. Dulu punya asuransi nggak pernah diupgrade. Sekarang anak 4+1 biaya beda. Kita perlu upgrade terus dana-dana yang bisa menyelamatkan. Banyak hal yang harus dirubah karena kita bukan support system keluarga inti saja tapi juga keluarga besar kita. Karena kita pengin bantu keluarga yang kekurangan,” papar Mona Ratuliu.

4. Memperluas Akses Perlindungan Kesehatan dan Finansial

Hal yang terjadi dengan Mona Ratuliu pun sejalan dengan program Prudential yang meluncurkan kampanye #MadeforEverFamily yakni memperluas akses perlindungan kesehatan dan finansial bukan hanya untuk keluarga inti saja tapi juga anggota keluarga lain.

“Kita ingin keluarga Indonesia sehat dan sejahtera. Kita kita bisa menjadikan solusi yang terbaik,” kata Luskito Hambali selaku Chief Marketing and Communication Officer Prudential Indonesia.

Reporter:   Nuzulur Rakhmah