Penuhi Syarat Asimilasi, Aris Idol Resmi Bebas Dari Penjara

Kamis, 16 April 2020 21:41 WIB
Penuhi Syarat Asimilasi, Aris Idol Resmi Bebas Dari Penjara

Kapanlagi.com - Kabar gembira datang dari Januarisman Runtuwene atau yang akrab disapa Aris Idol. Ia dinyatakan bebas bersyarat dari Rutan Cipinang, Jakarta Timur, pada Rabu kemarin (15/4/2020) setelah memenuhi syarat asimilasi yang dikeluarkan Kementrian Hukum dan HAM.

Sebagaimana diketahui, Aris ditangkap pihak Satuan Reserse Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok pada 15 Januari 2019. Dari penangkapan itu terkumpul barang bukti berupa sabu dengan berat 0,23 gram, satu unit bong dan lima ponsel.

"Iya, Aris sudah diasimilasikan kemarin. Dia sudah menjalani setengah (masa tahanan). Putusannya waktu itu kan dua tahun enam bulan," kata Ulin Nuha selaku Kepala Rutan Cipinang, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (16/4/2020).

1 dari 1 halaman

1. Jalani Wajib Lapor

Jalani Wajib Lapor ©KapanLagi.com/Budy Santoso
Aris keluar sekitar pukul satu siang dijemput oleh anak serta istrinya. Sebelum itu, juara pertama Indonesian Idol 2008 ini harus mengurus banyak berkas.

Ke depannya, Aris akan menjalani wajib lapor sampai ia murni bebas. Mengingat Indonesia menjadi salah satu negara yang dilanda pandemik virus corona, proses laporan dilakukan secara online.

"Ada wajib lapor. Karena dalam situasi Covid-19, pengawasan dilakukan dari lapas. Pengawasannya melalui online, jadi di-check via video call sama petugas Lapas," tandasnya.

(kpl/abs/sep)