Penyebab Kematian Anak Kembar Irish Bella - Ammar Zoni Terkuak, Alami Syndrom Langka

Wulan Noviarina Anggraini | Senin, 07 Oktober 2019 16:55 WIB
Penyebab Kematian Anak Kembar Irish Bella - Ammar Zoni Terkuak, Alami Syndrom Langka

Kapanlagi.com - Penyebab kematian anak kembar Irish Bella dan Ammar Zoni akhirnya terungkap. Tim dokter RS Harapan Kita, tempat Irish dirawat menjelaskan kronologi kejadian dalam jumpa pers yang digelar hari ini, Senin, (7/10).

Tim dokter yang menangani Irish adalah dr. Gatot Abdurrazak, Sp.OG. Ia menjelaskan perihal kematian kedua janin Irish bersama dr.  Novan Satya Pamungkas,  Sp. OG, dr.  Abdul Mun'im, Sp. An dan Direktur Medik & Keperawatan RS Harapan Kita dr.  Retno Widyaningsih,  Sp. A(K), MPH.

"Jadi Irish datang Jumat pagi, udah stage 4 (kondisi bahaya). Janin yang resipien (penerima darah) sudah bengkak jantungnya. Seluruh tubuh bengkak dan pertumbuhannya kecil," ujar dr Gatot mengawali jumpa pers siang tadi.

 

1 dari 3 halaman

1. Alami Kondisi Langka

Alami Kondisi Langka © instagram.com/_irishbella_
Dokter Gatot menyebut kedua janin Irish mengalami Mirror Syndrom. Ini adalah sebuah kondisi langka yang disebabkan oleh preeklamsia.

"Meninggal di dalam. Itu akibat dari sebagian plasenta yang lepas, solocio namanya. (Solusio) Itu disebabkan preeklamsi, yang disebabkan mirror syndrom. Tekanan darah (ibunya) naik dan membuat plasenta lepas, sehingga aliran darah tidak lancar ke bayi. Plasenta lepas dengan cepat. Untuk kehamilan kembar, plasenta satu, tali pusat dua. Bayi kembar donor resipien ini namanya TTTS," terang dr Gatot.

TTTS sendiri adalah singkatan dari Twin-to-twin transfusion syndrom. Ini adalah kondisi di mana terlalu banyak koneksi darah satu arah, sehingga aliran darah pada bayi tidak merata. Kasus ini jarang terjadi pada kehamilan satu atau kembar. Jadi bisa dibilang, kondisi yang dialami Irish Bella dan kedua bayi kembarnya termasuk langka.

2 dari 3 halaman

2. Meninggal Jam 8 Pagi

Meninggal Jam 8 Pagi Ammar Zoni memakamkan anaknya © youtube/Halo Selebriti
Kondisi Irish pun diawasi oleh tim dokter sampai hari Minggu pagi. Ketika dr Gatot melakukan visit, detak jantung bayi masih ada.

"Tapi ibunya tekanan darah naik. Mirror syndrom udah naik. Pasien dipindahkan ke HCU dan ternyata sudah tidak ada detak jantung (bayi). (Kedua janin) Diperkirakan meninggal jam 8 (pagi)," terang dr Gatot.

3 dari 3 halaman

3. Bukan Karena Capek

Bukan Karena Capek © instagram.com/_irishbella_
Dr Gatot pun menjelaskan bahwa kondisi yang dialami oleh Irish Bella ini bukanlah akibat kelelahan. "Gak ada hubungannya dengan capek," terang dokter.

Irish dan Ammar pun menerima penjelasan dokter dengan baik. "Pasangan ini luar biasa. Setelah saya jelaskan perjalanan penyakitnya, alhamdulillah mereka memahami. Mereka tidak down," ujarnya.

(kpl/far/phi)


Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi

↑