Pergi Haji, Asma Nadia Sempat Dinasehati Almarhum Gito Rollies

Ahmat Effendi | 06 Juni 2016, 09:15 WIB
Pergi Haji, Asma Nadia Sempat Dinasehati Almarhum Gito Rollies

Kapanlagi.com - Ibadah haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh umat Muslim. Asal mereka mampu dan sudah memenuhi syarat, panggilan ibadah haji diwajibkan kepada umat Muhammad. Bicara tentang ibadah haji, penulis novel Asma Nadia ternyata mempunyai cerita cukup menarik.

Pada tahun 2007 silam, penulis novel Jilbab Traveler itu baru melaksanakan ibadah haji. Pengalaman tersebut masih diingat betul oleh wanita 44 tahun itu. Apalagi kata dia, berbagai persiapan begitu banyak dilakukan ibu dua anak itu sebelum pergi ke tanah suci.

"Dulu saya mau pergi haji, mau beli baju buat di sana itu susah harus ke sana sini. Tetapi sekarang lebih mudah, tinggal dateng ke sini (Thamrin City) udah ada banyak toko perlengkapan haji. Coba ini ada di tahun 2007, jadi saya nggak bakal repot," ujar Asma Nadia saat ditemui di acara peluncuran Planet Haji Umroh, Thamrin City, Jakarta Pusat, Jumat (3/6/2016).

Asma Nadia sempat mendapatkan pesan dari almarhum Gito Rollies sebelum pergi haji. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaAsma Nadia sempat mendapatkan pesan dari almarhum Gito Rollies sebelum pergi haji. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Selain disibukkan mencari barang bawaan untuk di bawa ke tanah suci, Asma mengaku sempat dinasehati oleh almarhum Gito Rollies sebelum menjalankan kewajibannya. Pesan almarhum pun masih melekat di benaknya hingga sekarang.

"Saya masih ingat, waktu saya mau naik haji. Saya sempat bertemu almarhum Gito Rollies. Kata dia, jangan takut kalau mau ke sana (tanah suci). Kamu ke sana bukan karena mampu, kamu kaya, kamu sehat. Tapi karena Allah mengundang," tutupnya.

Satu tahun kemudian, Gito Rollies akhirnya meninggal dunia setelah sempat sakit dalam jangka waktu yang lama. Almarhum Gito Rollies meninggal pada tanggal 28 Februari 2008 akibat penyakit kanker yang ia derita. 

(kpl/far/sjw)

Reporter:   Fikri Alfi Rosyadi