Perjalanan Karier Glenn Fredly, Vokalis Funk Section - Jadi Penyanyi Legendaris Spesialis Lagu Romantis

Dita Tamara   | Kamis, 09 April 2020 11:22 WIB
Perjalanan Karier Glenn Fredly, Vokalis Funk Section - Jadi Penyanyi Legendaris Spesialis Lagu Romantis

Kapanlagi.com - Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan tanah air. Penyanyi Glenn Fredly telah meninggal dunia pada (8/4/2020). Penyanyi legendaris Glenn Fredly meninggal dunia di usia 44 tahun.

Penyanyi dengan genre pop R&B yang terkenal dengan lagu-lagu romantisnya dan selalu menghipnotis pendengarnya. Berkat lagu-lagunya yang meyayat hati, nama Glenn Fredly kian banyak dikenal masyarakat dengan suara melankolisnya.

Sebelumnya, Glenn baru saja melangsungkan pernikahan dengan Mutia Ayu pada bulan Agustus 2019 lalu. Pada akhir Februari 2020, dirinya bersama sang istri dikarunia seorang anak perempuan yakni Gewa Atlanta Syamamim Latuihamalio.

Berikut ini perjalanan karier Glenn Fredly di dunia hiburan yang sudah Kapanlagi.com rangkum:

1 dari 7 halaman

1. Mengawali Karier Tahun 1995

Mengawali Karier Tahun 1995 (credit: kapanlagi.com/AkromSukarya)
Penyanyi bernama asli Glenn Fredly Deviano Latuihamallo lahir di Jakarta, 30 September 1975. Glenn memulai kariernya setelah lulus SMA tahun 1995 sebagai seorang vokalis band Funk Section. Tiga tahun kemudian ia memutuskan untuk menjadi penyanyi solo dengan merilis album yang bertajuk GLENN dan terdapat 8 lagu di dalamnya.
2 dari 7 halaman

2. Merilis Album Kedua Tahun 2000

Merilis Album Kedua Tahun 2000 (credit: kapanlagi.com/BambangERos
Karier anak pasangan Hengky David Latuihamallo dan Linda Mirna Siahaya ini terus berlanjut. Glenn kembali merilis album keduanya tahun 2000 bertajuk Kembali. Dalam albumnya inilah terdapat beberapa lagu legendaris seperti Kasih Putih dan Salam Bagi Sahabat yang sampai sekarang masih sering terdengar dan dinyanyikan oleh banyak kalangan. Sayangnya, kedua album tersebut belum terlalu dikenal sehingga belum bisa memenuhi keinginan major label dari segi popularitas dan penjualannya.
3 dari 7 halaman

3. Meledak Lewat Lagu 'Januari'

Meledak Lewat Lagu 'Januari' (credit: kapanlagi.com/muhammadakromsukarya)
Setelah merilis album keduanya, laki-laki kelahiran Ambon, Maluku ini kembali bangkit dengan album ketiganya berjudul Selamat Pagi. Di dalam album tersebut, terdapat lagu yang berjudul Januari. Lagu tersebut berhasil meroket dan diterima masyarakat. Hal tersebut lantas membuat pihak Sony Music Indonesia mengeluarkan album repackage di tahun 2004. Tidak hanya berhenti di situ saja, berkat lagu Januari tersebut, nama Glenn makin melambung dan dikenal sebagai musisi berbakat tanah air.
4 dari 7 halaman

4. Gelar Konser 17 Tahun di Dunia Musik Tahun 2015

Gelar Konser 17 Tahun di Dunia Musik Tahun 2015 (credit: kapanlagi.com/BambangERos
Tanggal 2 September 2012, Glenn gelar konser Cinta Beta dalam rangka merayakan 17 tahun karirnya di industri musik Indonesia. Konser tersebut diadakan di Istora Senayan, Jakarta. Dengan konsep Kembali ke Timur, ada lebih dari 5000 orang hadir dalam konsernya ini.
5 dari 7 halaman

5. Terjun Menjadi Produser Film

Terjun Menjadi Produser Film (credit: instagram.com/gleenfredly309)
Tidak hanya menjadi seorang penyanyi terkenal, ternyata Gleen juga memiliki bakat terpendam di bidang perfilman. Terbukti, dirinya mampu memproduseri tiga film yang cukup terkenal yakni CAHAYA DARI TIMUR, FILOSOFI KOPI, dan SURAT DARI PRAHA.
6 dari 7 halaman

6. Penghargaan yang Diraihnya

Penghargaan yang Diraihnya (credit: kapanlagi.com/muhammadakromsukarya)
Berikut ini merupakan penghargaan Gleen selama berkarir di industri hiburan tanah air:

- Anugerah Industri Music, Malaysia kategori Album Indonesia Terbaik tahun 2000

- AMI Award Artis Solo Pria R&B Terbaik tahun 2001

- AMI Award Karya Produksi Urban tahun 2001

- AMI Award Lagu Pop tahun 2004

- AMI Award Artis Solo Pria Pop tahun 2005

- AMI Award Karya Produksi Lagu Berbahasa Asing Terbaik tahun 2006

- AMI Award Karya Produksi Jazz Terbaik tahun 2006

- AMI Award Tim Produksi Suara Terbaik tahun 2006

- AMI Award Artis Solo Wanita/Pria Urban Terbaik tahun 2013

- Piala Maya Lagu Tema Terpilih tahun 2014

7 dari 7 halaman

7. Tutup Usia

Tutup Usia (credit: instagram.com/gleenfredly309)
Kabar duka penyanyi legendaris Glenn Fredly dikonfirmasi oleh sahabat dekat sekaligus rekan seprofesinya, Tompi. Glenn meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020 pukul 18.00 di Rumah Sakit Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan pada usia 44 tahun.

Kabar tersebut sontak ramai diperbincangkan oleh kalangan artis maupun masyarakat. Glenn dikabarkan meninggal dunia akibat penyakit meningitis yang dideritanya.

(kpl/dtm/gen)

Editor:  

Dita Tamara