Perkembangan Putri Joanna Alexandra yang Punya Kelainan Genetik

Guntur Merdekawan | Minggu, 17 November 2019 16:35 WIB
Perkembangan Putri Joanna Alexandra yang Punya Kelainan Genetik

Kapanlagi.com - Aktris cantik Joanna Alexandra kini sudah begitu jarang tampil di layar kaca. Ia lebih memilih untuk fokus mengurus keluarganya. Maklum saja, wanita berusia 32 tahun itu sekarang sudah memiliki 4 orang anak.

Terlebih lagi, anak keempat Joanna yang bernama Ziona Eden Alexandra Panggabean lahir dengan sebuah kelainan genetik. Karena kelainan itu, Zion pun harus mendapat perhatian lebih dari orangtuanya. Kepada awak media, Joanna pun menceritakan pengalamannya melahirkan anak bungsunya yang kini berusia 2,5 tahun tersebut.

"Aku pikir anak keempat aku akan aman-aman aja. Ternyata pas Zio lahir, napasnya kurang maksimal, kakinya juga bengkok, jadi ada banyak hal yang mengagetkan, bahkan dari persiapan keuangan juga. Memang melahirkan normal, cuma kan masuk MICU segala macem. Jadi memang semuanya itu nggak pernah orangtua memimpikan itu terjadi. Tapi ternyata terjadi. Tapi aku merasa anak itu berkat Tuhan, bukan dunia yang memberikan," kenang Joanna ketika ditemui di Senayan City, Jakarta Selatan, Sabtu (16/11/2019).

 

1 dari 2 halaman

1. Lebih Ikhlas dan Berserah Diri

Lebih Ikhlas dan Berserah Diri Ziona dan Joanna Alexandra / Credit: Instagram - joannaalexandra
Meski awalnya begitu terpukul dan sedih mendengar kabar kelainan genetik dari Ziona, kini Joanna sudah mulai bisa menerimanya dengan ikhlas. Bagiamanapun juga, Ziona tetaplah darah daging yang telah dilahirkannya.

"Tuhan menghadirkan Ziona dan segala macem keunikannya di kehidupan aku. Aku sekarang belajar lebih kuat, sabar dan pinter ngurus anak yang spesial. Jadi sebenarnya kalau orangtua sudah menerima kenyataan, 'Oke anak saya spesial', itu sedihnya di awal-awal, nggak berlarut-larut," sambung bintang film PIZZA MAN itu.

"Kalau kita sedih, nggak mungkin dia sembuh. Kalau kita nerima, oke selanjutnya apa yang bisa dikerjain untuk membantu penyembuhan anak. Kita berdoa, berserah, kita ajak dia terapi ketemu dokter. Jadi semua dilakuin dalam keadaan hati berserah," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

2. Masih Jalani Terapi

Masih Jalani Terapi Ziona dan Joanna Alexandra / Credit: Instagram - joannaalexandra
Saat ini Ziona sudah berusia 2,5 tahun. Sejak lahir, bayi cantik itu sudah harus menjalani berbagai macam perawatan untuk menyembuhkan kelainan yang dideritanya. Dan Joanna bisa sedikit bernapas lega karena putrinya itu menunjukkan perkembangan yang cukup baik.

"Zio udah 2,5 tahun, lagi belajar jalan. Rutin psikoterapi seminggu tiga kali. Walaupun gitu bersyukur progresnnya naik terus. Jadi goalnya di psikoterapi kalau udah bisa jalan, berarti ototnya udah bisa bergerak. Aku nggak tahu (sampai kapan). Kalau fisioterapi sampai dia bisa jalan. Tapi kan ada terapi-terapi lainnya kayak terapi bicara, sensorin. Macem-macem sih," tutup Joanna.

(kpl/far/gtr)


Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi

↑