Pihak Kuasa Hukum Akan Segera Ajukan Pembebasan Bersyarat untuk Rey Utami

Rabu, 26 Agustus 2020 21:15 WIB
Pihak Kuasa Hukum Akan Segera Ajukan Pembebasan Bersyarat untuk Rey Utami
Rey Utami / Credit: KapanLagi - Budy Santoso

Kapanlagi.com - Sejak pertengahan 2019 lalu, Rey Utami dan suaminya, Pablo Benua resmi ditahan karena kasus pencemaran nama baik dalam video 'ikan asin' yang viral. Setelah menjalani proses persidangan panjang, pada Bulan April lalu, Rey divonis hukuman 1 tahun 4 bulan, sedangkan Pablo 1 tahun 8 bulan penjara.

Saat ini, pihak Rey dan Pablo tengah mengusahakan agar bisa segera bebas secara bersyarat. Rihat Mutabarat sang kuasa hukum menjelaskan bagaimana skenario tersebut bisa terwujud ke depannya nanti.

"Belum (bebas), masih kita urus dan lengkapi persyaratannya. Ya memang kalau sesuai aturan kan sudah memenuhi syarat (bebas), sudah dua per tiga hukuman, cuma kan harus ada persyaratan yang harus dilengkapi kan," ungkap Rihat saat dihubungi lewat sambungan telepon, Rabu (26/8).

1. Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Untuk mengajukan pembebasan secara bersyarat, tentunya ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Menurut sang kuasa hukum, Rey dan Pablo sudah memenuhi beberapa persyaratan tersebut.

"Salah satu contoh yang diatur KUHAP kan apabila sudah menjalani dua per tiga vonis boleh mengajukan kan. Berkelakuan baik, harus ada yang menjamin, kira-kira gitu lah," jelasnya.

2. Bebaskan Rey Utami Terlebih Dahulu

Untuk saat ini, Rihat masih mengusahakan pembebasan Rey terlebih dahulu. Alasannya karena Pablo saat ini masih belum memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan.

"Ya ini lagi ada beberapa yang harus dilengkapi. Pertama ke kalapas dulu, nanti saya kabarin. Kalau sudah diajukan nanti dikabarin dikumpulin semua. Sama pablo juga. Kalau pablo berdasarkan aturan asimilasi covid itu. Karena pablo belum dua per tiga kan," tutup Rihat.

 

Topik Terkait